Kompas.com - 03/06/2013, 15:52 WIB
EditorErvan Hardoko

DAMASKUS, KOMPAS.com — Kelompok Al Qaeda mendirikan sebuah departemen yang menampung keluhan warga setelah menguasai kota Raqqa, Suriah, demikian dilaporkan harian The Telegraph, Senin (3/6/2013).

Pernyataan kelompok Al Qaeda Semenanjung Arab (AQAP) diumumkan di kota Raqqa pekan ini sekaligus menyatakan kantor itu sudah bisa menerima keluhan publik.

"Siapa saja yang memiliki keluhan terkait elemen negara Islam, apakah itu keluhan terhadap Emir atau serdadu biasa, dapat mengajukan keluhan di setiap kantor negara Islam. Keluhan itu harus diajukan tertulis, disertai rincian dan bukti," demikian isi pengumuman Al Qaeda.

Selain menjamin warga bisa mengajukan keluhan, Al Qaeda juga menegaskan bahwa para pelaku kejahatan atau pelanggar hukum akan menjalani peradilan.

"Kami berjanji akan memastikan siapa pun yang melakukan pelanggaran akan diajukan ke pengadilan Syariah Irak dan Al Sham (Suriah)," lanjut pernyataan itu.

Pengumuman ini ditandatangani Emir Raqqa, gelar yang biasa diklaim oleh pimpinan Al Qaeda di Suriah.

Dua bulan lalu Al Qaeda berhasil merebut kota Raqqa dan menjadikan kota itu sebuah ibu kota provinsi pertama yang seluruhnya jatuh di tangan kelompok oposisi.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X