Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intelijen Iran Klaim Bongkar Jaringan Spion Israel

Kompas.com - 03/06/2013, 14:59 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com — Kementerian Intelijen Iran, Minggu (2/6/2013), mengklaim berhasil menggagalkan sebuah "jaringan teror" yang disponsori dinas intelijen Israel, Mossad, yang bermarkas di Inggris.

Sejumlah pejabat mengatakan, jaringan teror itu berencana untuk mengganggu pemilihan presiden Iran yang tak lama lagi digelar.

"Kementerian Intelijen telah mengidentifikasi dan menahan anggota jaringan teror dan menyita persenjataan mereka," kata Pemerintah Iran seperti dikutip radio IRIB.

Pernyataan pemerintah itu menambahkan, kelompok teror itu memiliki hubungan dengan Mossad, tetapi tidak menyebut kewarganegaraan para anggota jaringan teror yang ditahan.

Kementerian Intelijen menambahkan, sebanyak 12 orang yang diduga terkait dengan Mossad sudah ditahan, tetapi tidak disebutkan waktu penangkapannya.

Pernyataan Kementerian Intelijen menyebut kelompok ini diperintahkan untuk melakukan aksi teror menjelang dan pada hari pemilihan presiden.

Selain itu, mereka juga diinstruksikan untuk membuat perpecahan etnis dan agama di sejumlah kawasan bermasalah di Iran.

Pada 14 Juni mendatang, Iran akan menggelar pemilihan presiden untuk menggantikan Mahmoud Ahmadinejad yang saat terpilih kedua kalinya menyulut aksi protes besar-besaran di Teheran.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com