Intelijen Iran Klaim Bongkar Jaringan Spion Israel

Kompas.com - 03/06/2013, 14:59 WIB
EditorErvan Hardoko

TEHERAN, KOMPAS.com — Kementerian Intelijen Iran, Minggu (2/6/2013), mengklaim berhasil menggagalkan sebuah "jaringan teror" yang disponsori dinas intelijen Israel, Mossad, yang bermarkas di Inggris.

Sejumlah pejabat mengatakan, jaringan teror itu berencana untuk mengganggu pemilihan presiden Iran yang tak lama lagi digelar.

"Kementerian Intelijen telah mengidentifikasi dan menahan anggota jaringan teror dan menyita persenjataan mereka," kata Pemerintah Iran seperti dikutip radio IRIB.

Pernyataan pemerintah itu menambahkan, kelompok teror itu memiliki hubungan dengan Mossad, tetapi tidak menyebut kewarganegaraan para anggota jaringan teror yang ditahan.

Kementerian Intelijen menambahkan, sebanyak 12 orang yang diduga terkait dengan Mossad sudah ditahan, tetapi tidak disebutkan waktu penangkapannya.

Pernyataan Kementerian Intelijen menyebut kelompok ini diperintahkan untuk melakukan aksi teror menjelang dan pada hari pemilihan presiden.

Selain itu, mereka juga diinstruksikan untuk membuat perpecahan etnis dan agama di sejumlah kawasan bermasalah di Iran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada 14 Juni mendatang, Iran akan menggelar pemilihan presiden untuk menggantikan Mahmoud Ahmadinejad yang saat terpilih kedua kalinya menyulut aksi protes besar-besaran di Teheran.

 



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.