Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alexandra Kinova, "Super Mama" Pertama dengan Bayi Kembar Lima

Kompas.com - 02/06/2013, 21:23 WIB
Pieter P Gero

Penulis

PRAHA, KOMPAS.com  Media lokal di Ceko menjuluki "super mama" kepada Alexandra Kinova, ibu berusia 23 tahun, yang pada hari Minggu (2/6/2013) melahirkan anak kembar lima alias quintuplet. Ini merupakan rekor kembar lima pertama di negara itu.

Kinova melahirkan empat bayi laki-laki dan seorang bayi perempuan. Kantor berita AFP melaporkan, Kinova melahirkan dalam proses persalinan secara caesar yang dibantu sebuah tim beranggotakan 40 spesialis.

Kelahiran ini berlangsung di Rumah Sakit Praque-Podoli pada usia kehamilan 33 pekan. Kondisi ibu dan bayinya kini pun disebutkan sehat. "Bayi perempuan kami namakan Tereza, sementara nama empat bayi laki-laki ialah Michael, Deniel, Alex, dan Martin," ujar Antonin Kroscen (26), ayah dari lima bayi kembar ini kepada wartawan.

"Saya sangat bahagia dengan kelahiran ini," ujar Kroscen yang sebelumnya sudah memiliki seorang bocah laki-laki.

Sekalipun semua bayi ini normal dan stabil, mereka tetap ditempatkan di unit perawatan darurat. Berat bayi-bayi ini antara 1,05 kilogram sampai 1,34 kilogram. "Dalam statistik di negeri ini, rekor sejak tahun 1949 tidak pernah disebutkan adanya kelahiran kembar lima. Bayi kembar lima di Ceko rata-rata dilahirkan sekitar 480 tahun," ujar Alena Mechurova, ahli kebidanan Ceko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com