Kompas.com - 02/06/2013, 16:30 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

TAIPEI, KOMPAS.com — Gempa bumi berkekuatan 6,3 skala Richter mengguncang ibu kota Taiwan, Taipei, Minggu (2/6/2013) pukul 13.43 waktu setempat. Guncangan juga sempat dirasakan hingga ke Hongkong yang berjarak 700 kilometer dari wilayah tersebut.

Pejabat setempat menjelaskan, guncangan membuat para warga Taipei berhamburan ke jalan dan menewaskan satu orang. Pusat gempa berada di 32 kilometer timur Taipei dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa susulan dilaporkan juga terjadi setelah guncangan besar tersebut.

Sementara itu, petugas pemadam kebakaran mengabarkan bahwa yang meninggal itu adalah seorang pendaki di Gunung Ali, Taiwan Tengah, sedangkan dua pendaki lainnya dikabarkan selamat, meskipun dalam keadaan terluka akibat longsoran tanah.

Stasiun televisi lokal menayangkan longsoran tanah di gunung tersebut dan meninggalkan debu berwarna kuning. Pejabat setempat menjelaskan, pihaknya telah mengirimkan empat helikopter untuk membantu mengevakuasi regu pramuka yang sedang berkemah di lokasi itu.

Dampak dari kejadian itu, enam kereta api supercepat dibatalkan pemberangkatannya, tetapi dilaporkan tidak ada kerusakan yang terjadi akibat bencana tersebut. DI sisi lain, kegiatan operasional pembangkit listrik tenaga nuklir yang dijalankan Taiwan Power Co tidak ada masalah.

“Ini adalah bencana gempa bumi terbesar pada tahun ini, karena titik pusat gempa cukup dangkal dan itu terjadi di tengah pulau, sehingga guncangannya bisa dirasakan di seluruh pulau,” ujar Lu Pei Ling, Wakil Kepala Pusat Seismologi Taiwan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.