Kompas.com - 01/06/2013, 14:31 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Sedikitnya setengah dari jumlah perokok di Thailand menurut jajak pendapat ABAC bertekad berhenti merokok. Khususnya, saat Hari Tanpa Tembakau Sedunia pada tiap 31 Mei. Warta laman Bangkok Post pada Sabtu (1/6/2013) mengemukakan hal itu.

Survei ABAC menanyai 2.036 perokok berusia 18 tahun di 17 provinsi Negeri Gajah Putih. Hasilnya, satu dari tiga responden atau 33,7 persen mengetahui adanya Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Sisanya mengatakan tidak tahu, kata Asisten Direktur ABAC Puntharee Israngkul Na Ayudthaya.

Data ABAC juga menunjukkan bahwa 51,7 persen responden menyatakan bakal berhenti merokok mulai pada Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Lalu, 13,8 persen responden mengaku sudah punya niat berhenti rokok.

Pada bagian lain, 90 persen dari responden mengatakan mereka akan kecewa jika anak-anak mereka atau cucu mereka merokok.
    
Hal menarik, 60,5 persen mengatakan teman-teman memiliki pengaruh pada keputusan untuk merokok. Sementara, 13,6 persen dan 10,3 persen mengatakan lingkungan dan media masing-masing yang memengaruhi. Selain itu, 58,5 persen mengatakan mereka menyaksikan penjualan rokok kepada remaja berusia di bawah 18 tahun.
    
Sekitar 37,6 persen responden melihat iklan rokok diungkapkan secara terbuka di toko-toko atau di daerah masyarakat. Di Thailand, toko-toko besar dan eceran adalah tempat perokok dapat mengakses rokok paling mudah.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.