Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Perokok Thailand Bertekad Berhenti Merokok

Kompas.com - 01/06/2013, 14:31 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Sedikitnya setengah dari jumlah perokok di Thailand menurut jajak pendapat ABAC bertekad berhenti merokok. Khususnya, saat Hari Tanpa Tembakau Sedunia pada tiap 31 Mei. Warta laman Bangkok Post pada Sabtu (1/6/2013) mengemukakan hal itu.

Survei ABAC menanyai 2.036 perokok berusia 18 tahun di 17 provinsi Negeri Gajah Putih. Hasilnya, satu dari tiga responden atau 33,7 persen mengetahui adanya Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Sisanya mengatakan tidak tahu, kata Asisten Direktur ABAC Puntharee Israngkul Na Ayudthaya.

Data ABAC juga menunjukkan bahwa 51,7 persen responden menyatakan bakal berhenti merokok mulai pada Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Lalu, 13,8 persen responden mengaku sudah punya niat berhenti rokok.

Pada bagian lain, 90 persen dari responden mengatakan mereka akan kecewa jika anak-anak mereka atau cucu mereka merokok.
    
Hal menarik, 60,5 persen mengatakan teman-teman memiliki pengaruh pada keputusan untuk merokok. Sementara, 13,6 persen dan 10,3 persen mengatakan lingkungan dan media masing-masing yang memengaruhi. Selain itu, 58,5 persen mengatakan mereka menyaksikan penjualan rokok kepada remaja berusia di bawah 18 tahun.
    
Sekitar 37,6 persen responden melihat iklan rokok diungkapkan secara terbuka di toko-toko atau di daerah masyarakat. Di Thailand, toko-toko besar dan eceran adalah tempat perokok dapat mengakses rokok paling mudah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com