Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Suriah Tewaskan Tiga Orang Barat, Dua di Antaranya Muslim

Kompas.com - 31/05/2013, 17:07 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com — Organisasi pengamat HAM Suriah menyatakan, pasukan Pemerintah Suriah menewaskan tiga warga Barat, termasuk seorang perempuan AS dan pria Inggris—keduanya Muslim, di Provinsi Idlib dekat perbatasan Mesir, Kamis (30/5/2013) malam.

"Mereka ditembak dalam sebuah penyergapan di Idlib dan pasukan pemerintah menemukan mereka membawa peta dengan posisi pasukan," kata Direktur Pengamat HAM Suriah, Rami Abdel Rahman.

Ketiga warga Barat itu tampaknya sedang mengambil foto posisi militer pemerintah di jalanan dekat Harim, di dekat perbatasan Turki.

"Korban ketiga belum diketahui berasal dari mana," tambah Rahman.

Kementerian Luar Negeri AS kepada AFP hanya mengatakan sudah mengetahui kabar terbunuhnya tiga warga Barat di Suriah.

Para diplomat Ceko di Suriah membantu AS untuk mencari lebih banyak informasi.

"Dalam kasus semacam ini, kami bekerja sama dengan kawan-kawan dari Ceko di Suriah untuk mencari informasi lebih banyak. Dan, kami berterima kasih atas bantuan para diplomat Ceko," kata seorang petinggi Kemenlu AS.

Sementara itu, dari kabar yang beredar di lapangan, perempuan AS yang tewas itu berusia 33 tahun dan berasal dari Michigan.

Perempuan itu berada di Suriah untuk bergabung dengan kelompok oposisi yang memerangi Presiden Bashar Al-Assad.

Bibi perempuan yang diketahui bernama Nicole Mansfield itu mengatakan, FBI sudah memberi informasi soal kematian keponakannya itu. Namun, dia mengatakan, FBI tidak menjelaskan penyebab kematiannya.

"Saya sangat terpukul. Dia di sana bertempur bersama pasukan oposisi," kata Monica Mansfield Speelman.

Monica mengatakan, keponakannya itu memiliki putri berusia 18 tahun. Dia memeluk Islam sekitar lima tahun lalu, tetapi dia tidak mengetahui kapan keponakannya itu berangkat ke Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com