Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yen Melemah, Bursa Tokyo Ditutup Hijau

Kompas.com - 31/05/2013, 14:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Bursa Tokyo ditutup menguat setelah sehari sebelumnya menyelam hingga lebih dari 5 persen. Melemahnya nilai tukar yen menjadi pendorong menguatnya indeks.

Indeks Nikkei 225 melonjak 185,51 poin di posisi 13.774,54, sedangkan indeks Topix naik tipis 0,12 persen, atau 1,36 poin, menjadi 1.135,78. Sehari sebelumnya, indeks di bursa Tokyo anjlok 7,3 persen di tengah terjadinya volatilitas bursa dan tercatat yang terburuk sejak bencana tsunami 2011.

Bursa Tokyo telah muncul sebagai salah satu bursa yang memiliki kinerja terbaik di dunia setelah PM Shinzo Abe kembali menjabat pada Desember 2012. Ia menjalankan kebijakan ekonomi yang sangat pro-belanja serta mendorong bank sentral untuk lebih agresif menekan nilai tukar yen.

Melemahnya mata uang tersebut membuat para eksportir lebih kompetitif di luar negeri dan para eksportir itu berlomba-lomba merepatriasi hasil ekspor ke dalam negeri.

"Investor seharusnya menganggap momen ini sebagai kesempatan besar," ujar Equity Strategist CLSA, Nicholas Smith.

Sentimen para investor menjadi positif seiring dengan dirilisnya data mengenai output industri Jepang yang lebih baik dari perkiraan. Pada pasar valas, 1 dollar AS diperdagangkan di posisi 101,01 yen atau menguat dari 100,74 yen di pasar New York.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com