Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suriah Ancam Akan Balas Serangan Israel

Kompas.com - 31/05/2013, 12:20 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.COM — Presiden Suriah Bashar al-Assad memperingatkan Israel bahwa Suriah akan membalas setiap serangan udara. Dalam sebuah wawancara dengan kanal televisi Lebanon, ia mengatakan ada "tekanan populer" untuk mempertahankan diri dari Israel di Dataran Tinggi Golan.

Ia juga mengatakan Suriah telah menerima pengiriman sistem pertahanan udara dari Rusia.

Israel telah menyatakan bahwa rudal buatan Rusia tersebut adalah ancaman serius bagi keamanan mereka.

Darurat di Qusair

Pernyataan Assad tersebut muncul ketika seorang dokter berkebangsaan Suriah di kota Qusair mengatakan situasi darurat. Sebanyak 600 orang korban luka dari pertempuran antara pemberontak dan pasukan pemerintah terjebak di kota itu tanpa obat-obatan atau fasilitas medis.

Dokter itu mengatakan kepada BBC bahwa ratusan orang kehabisan makanan dan mereka harus menunggu tiga hingga empat hari untuk kiriman air minum. "Mereka juga butuh air untuk keperluan sehari-hari lainnya seperti mencuci pakaian," tambahnya.

Ia mengatakan ada banyak perempuan dan anak-anak "meninggal dunia" di kota yang terletak 30 km di barat daya Homs. Ia juga mengatakan melihat "banyak" jenazah pejuang Hezbollah yang diduga didatangkan dari Lebanon untuk memperkuat pasukan Presiden Assad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com