Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Anjing Bantu Penumpang Kesepian di Bandara

Kompas.com - 31/05/2013, 08:12 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Ada pasukan anjing baru di bandara Amerika Serikat. Tugasnya bukan mengendus-endus untuk menemukan narkotika atau bom. Tugas mereka adalah mencari orang yang memerlukan teman, pelukan, atau salaman serta menghilangkan stres penumpang yang disebabkan antrean panjang, kepadatan penumpang, dan kekhawatiran akan terorisme.

”Tugasnya adalah untuk dibelai-belai,” ujar Kyra Hubis, seorang relawan, tentang anjing golden retriever-nya yang berusia lima tahun. Anjing itu bertugas selama beberapa jam dalam sepekan di bandara Los Angeles. ”Saya hanya berdiri di sini bersamanya. Para penumpang berbincang dengannya. Jika mereka memerlukan jawaban, saya yang menjawab.”

Terapi anjing seperti ini diperkenalkan oleh bandara Mineta San Jose setelah terjadi serangan 11 September 2001. Ketika itu penerbangan ditunda serta banyak penumpang terlunta-lunta dan tertekan. Seorang sukarelawan mendapat izin membawa anjingnya untuk membantu melepaskan stres para penumpang.

”Orang-orang menjadi lebih santai, mulai tersenyum, berbicara satu sama lain. Orang menjadi merasa lebih baik,” kata Heidi Huebner, Direktur Relawan di bandara Los Angeles.

Sekarang bandara Mineta sudah memiliki sembilan anjing, sementara bandara Miami memiliki satu anjing dan bandara Los Angeles 30 anjing. Selain memilih anjing sehat, biasa dengan kerumunan orang, dan ramah, para relawan pendampingnya juga diajarkan bagaimana mengatasi orang yang takut anjing atau alergi. (AP/Joe)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com