Kompas.com - 31/05/2013, 08:12 WIB
EditorEgidius Patnistik

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Ada pasukan anjing baru di bandara Amerika Serikat. Tugasnya bukan mengendus-endus untuk menemukan narkotika atau bom. Tugas mereka adalah mencari orang yang memerlukan teman, pelukan, atau salaman serta menghilangkan stres penumpang yang disebabkan antrean panjang, kepadatan penumpang, dan kekhawatiran akan terorisme.

”Tugasnya adalah untuk dibelai-belai,” ujar Kyra Hubis, seorang relawan, tentang anjing golden retriever-nya yang berusia lima tahun. Anjing itu bertugas selama beberapa jam dalam sepekan di bandara Los Angeles. ”Saya hanya berdiri di sini bersamanya. Para penumpang berbincang dengannya. Jika mereka memerlukan jawaban, saya yang menjawab.”

Terapi anjing seperti ini diperkenalkan oleh bandara Mineta San Jose setelah terjadi serangan 11 September 2001. Ketika itu penerbangan ditunda serta banyak penumpang terlunta-lunta dan tertekan. Seorang sukarelawan mendapat izin membawa anjingnya untuk membantu melepaskan stres para penumpang.

”Orang-orang menjadi lebih santai, mulai tersenyum, berbicara satu sama lain. Orang menjadi merasa lebih baik,” kata Heidi Huebner, Direktur Relawan di bandara Los Angeles.

Sekarang bandara Mineta sudah memiliki sembilan anjing, sementara bandara Miami memiliki satu anjing dan bandara Los Angeles 30 anjing. Selain memilih anjing sehat, biasa dengan kerumunan orang, dan ramah, para relawan pendampingnya juga diajarkan bagaimana mengatasi orang yang takut anjing atau alergi. (AP/Joe)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.