Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taliban Pakistan Pilih Wakil Komandan Baru

Kompas.com - 30/05/2013, 18:41 WIB

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Kelompok Taliban Pakistan tak butuh waktu lama untuk mencari pengganti Wali-ur-Rehman, orang kedua kelompok itu yang tewas akibat serangan drone Amerika Serikat.

Pada Kamis (30/5/2013), Taliban Pakistan sudah memilih nama baru untuk mengisi jabatan yang ditinggalkan Wali-ur-Rehman.

Sejumlah sumber mengatakan, sebuah komite Taliban Pakistan mengadakan pertemuan pada Rabu (29/5/2013) malam untuk memilih tokoh baru setelah Wali-ur-Rehman dimakamkan dalam sebuah upacara yang sangat sederhana.

Komite pemilihan akhirnya menunjuk Khan Said (38) sebagai pengganti almarhum Wali-ur-Rehman. Sebelumnya, Said adalah tangah kanan kepercayaan Rehman.

Said terlibat dalam perencanaan serangan pangkalan angkatan laut Pakistan di Karachi pada 2011 yang menewaskan 18 orang.

"Prestasi" Khan Said lainnya adalah melakukan operasi pembobolan penjara pada 2012 yang mengakibatkan sekitar 400 orang anggota kelompok militan yang ditahan, kabur.

"Komite dengan suara bulat memilih Khan Said," kata seorang sumber di kelompok Taliban Pakistan.

Dalam serangan drone yang digelar Rabu (20/5/2013) di Waziristan Utara, Pakistan, menewaskan enam orang anggota militan, salah satunya adalah Wali-ur-Rehman, wakil komandan Taliban Pakistan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com