Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa SMA Ini Rayakan Kelulusan dengan Konvoi Sepeda Onthel

Kompas.com - 30/05/2013, 17:32 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Meskipun pengumunan hasil kelulusan ujian nasional (UN) sudah dilaksanakan Jumat (24/5/2013) lalu, namun euforia kelulusan masih dirasakan oleh ratusan siswa lulusan SMA Negeri 1 Kota Magelang. Tidak kurang dari 251 siswa lulusan SMA itu menggelar konvoi berkeliling Kota Magelang, Kamis (30/5/2013).

Uniknya, mereka konvoi bukan dengan motor yang bising namun justru menggunakan sepeda onthel. Bahkan tidak sekadar keliling, mereka juga sambil membagikan ratusan bingkisan sembako kepada warga sekitar yang membutuhkan.

Ada sekitar 200 sembago berisi minyak goreng, gula pasir, teh, mi instan dan beras, dibagikan kepada tukang becak, petugas kebersihan, tukang parkir dan warga sekitar.

Ketua panitia kegiatan Muhammad Najib Nazaqi mengungkapkan, cara merayakan kelulusan memang semestinya dilakukan dengan kegiatan yang positif. Dengan cara itu, katanya, bisa sekaligus memberi contoh dan mendidik anak muda, khususnya adik-adik kelas mereka. Merayakan kelulusan dengan cara yang tidak berelbihan sekaligus juga turut membantu masyarakat.

"Kami pernah melakukan keguatan serupa tahun lalu. Selain bebas polusi, cara ini juga tidak mengganggu para pengguna jalan," katanya di sela-sela kegiatan.

Meski harus mengayuh sepeda hingga 20 kilometer, tidak tampak kelelahan dirut wajah mereka. Tidak berlebihan memang, karena hasil kelulusan UN SMA Negeri 1 mencapai 100 persen. Apalagi tahun ini sekolah yang terletak di Jalan Cempaka, Kota Magelang itu juga berhasil meraih kembali meraih predikat terbaik di Kota Magelang.

Untuk diketahui, lebih dari 50 persen lulusan SMA Negeri 1 Kota Magelang tahun ini telah dinyatakan diterima di Peguruan Tinggi Negeri (PTN) yang tersebar di Pulau Jawa melalui jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SMPTN). Selain itu, ada 55 siswanya meraih nilai 10. Terdiri dari 27 jurusan IPA dan 18 IPS.

Untuk tiga terbaik hasil UN jurusan IPA, diraih Talitha Puspa Melati dengan nilai 57,50 atau 9,58. Urutan kedua diraih Canadia Tessa Pradani dengan nilai 57,45 (9,57) dan Annisa Kusumasari 57,40 (9,56).

Sedang untuk IPS, peringkat pertama diraih Alfiyan Nuryahya 55,85 (9,3), disusul Nur Rochmah Fajarina 54,9 (9,15) dan Nurhidayati 54,6 (9,1).

"Bahkan untuk program IPA dan IPS, kami terbaik se-Jawa Tengah," ungkap Sumarsono, Wakil Kepala SMAN 1 Kota Magelang Bidang Kurikulum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com