Kompas.com - 30/05/2013, 16:45 WIB
EditorErvan Hardoko

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Seorang tentara Amerika Serikat yang dituduh membunuh 16 warga sipil Afganistan tahun lalu akan mengaku bersalah untuk menghindari hukuman mati, demikian seperti dikatakan pengacara terdakwa.

Staf Sersan Robert Bales akan mengajukan pernyataan bersalahnya dalam sidang yang dijadwalkan pada tanggal 5 Juni.

Dia meninggalkan sebuah pos Amerika Serikat di provinsi Kandahar, Afganistan pada dini hari, 11 Maret 2012, dan menyerang dua desa di dekatnya. Kebanyakan korban adalah perempuan dan anak-anak.

Anggota keluarga dari mereka yang tewas mengatakan kepada kantor berita Associated Press mereka marah akan kemungkinan bahwa Bales mungkin tidak mati.

"Untuk hal yang satu ini, kita akan membunuh 100 tentara Amerika," kata Mohammed Wazir, yang memiliki 11 anggota keluarga tewas, termasuk ibu dan anak perempuan berusia dua tahun.

"Hukuman penjara tidak memiliki arti apa-apa," ujar Jan, yang istri dan tiga kerabat lainnya tewas dalam pembantaian itu, mengatakan kepada AP.

"Saya tahu kita tidak memiliki kekuatan sekarang. Tapi saya akan menjadi lebih kuat, dan jika ia tidak digantung, saya akan balas dendam." 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menggila

Pengacara Bales mengatakan kliennya menyesali pembunuhan tersebut, tetapi tidak akan membahas rincian tentang apa yang akan dikatakan Bales kepada hakim di persidangan.

Pengacaranya, John Henry Browne, menggambarkan Bales "menggila" pada malam serangan.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.