Kompas.com - 30/05/2013, 15:32 WIB
EditorErvan Hardoko

BEIRUT, KOMPAS.com — Pemerintah Suriah telah menerima kiriman pertama sistem pertahanan udara Rusia dan dalam waktu dekat akan memperoleh semua roket S-300 yang dibeli dari Rusia. Demikian ungkap Presiden Bashar al-Assad, Kamis (30/5/2013).

"Suriah sudah menerima pengiriman pertama roket anti-pesawat terbang S-300 buatan Rusia. Sisanya akan tiba dalam waktu dekat," kata Assad seperti dikutip harian Al-Akhbar terbitan Lebanon.

Sebelumnya, Rusia mengatakan tetap akan mengirimkan sistem persenjataan anti-pesawat terbang yang dipesan Pemerintah Suriah meski negara-negara Barat mengecam keputusan itu.

Amerika Serikat, Perancis, dan Israel, semuanya mendesak Rusia membatalkan pengiriman. Namun, Rusia justru mengatakan pengiriman senjata ke Suriah itu justru akan membantu menciptakan stabilitas dan keseimbangan kawasan.

Sejumlah petinggi Israel mengatakan, roket S-300 yang kini menjadi milik Suriah itu mampu mencapai wilayah Israel dan mengancam lalu lintas penerbangan di dekat bandara internasional Tel Aviv.

Selain soal persenjataan, Al-Akhbar juga melaporkan Assad menegaskan persekutuan antara pasukan Suriah dan pejuang Hezbollah, yang kini bertempur bersama di kawasan dekat perbatasan Lebanon dan Suriah.

"Suriah dan Hezbollah adalah bagian dari poros yang sama. Pasukan Suriah yang memimpin pertempuran melawan kelompok bersenjata. Pertempuran ini akan terus berlanjut hingga semua yang disebut teroris musnah," Assad menegaskan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


Moskwa, yang selama ini menjadi sekutu Suriah, nampaknya memilih bersikap menentang setelah Uni Eropa mencabut embargo senjata untuk Suriah awal pekan ini.

Pencabutan embargo persenjataan ini memungkinkan Barat mempersenjatai kelompok pemberontak yang berupaya menjungkalkan Assad dari tampuk kepemimpinan di Suriah.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.