Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Assad: Persenjataan Rusia Sudah Kami Terima

Kompas.com - 30/05/2013, 15:32 WIB

BEIRUT, KOMPAS.com — Pemerintah Suriah telah menerima kiriman pertama sistem pertahanan udara Rusia dan dalam waktu dekat akan memperoleh semua roket S-300 yang dibeli dari Rusia. Demikian ungkap Presiden Bashar al-Assad, Kamis (30/5/2013).

"Suriah sudah menerima pengiriman pertama roket anti-pesawat terbang S-300 buatan Rusia. Sisanya akan tiba dalam waktu dekat," kata Assad seperti dikutip harian Al-Akhbar terbitan Lebanon.

Sebelumnya, Rusia mengatakan tetap akan mengirimkan sistem persenjataan anti-pesawat terbang yang dipesan Pemerintah Suriah meski negara-negara Barat mengecam keputusan itu.

Amerika Serikat, Perancis, dan Israel, semuanya mendesak Rusia membatalkan pengiriman. Namun, Rusia justru mengatakan pengiriman senjata ke Suriah itu justru akan membantu menciptakan stabilitas dan keseimbangan kawasan.

Sejumlah petinggi Israel mengatakan, roket S-300 yang kini menjadi milik Suriah itu mampu mencapai wilayah Israel dan mengancam lalu lintas penerbangan di dekat bandara internasional Tel Aviv.

Selain soal persenjataan, Al-Akhbar juga melaporkan Assad menegaskan persekutuan antara pasukan Suriah dan pejuang Hezbollah, yang kini bertempur bersama di kawasan dekat perbatasan Lebanon dan Suriah.

"Suriah dan Hezbollah adalah bagian dari poros yang sama. Pasukan Suriah yang memimpin pertempuran melawan kelompok bersenjata. Pertempuran ini akan terus berlanjut hingga semua yang disebut teroris musnah," Assad menegaskan.


Moskwa, yang selama ini menjadi sekutu Suriah, nampaknya memilih bersikap menentang setelah Uni Eropa mencabut embargo senjata untuk Suriah awal pekan ini.

Pencabutan embargo persenjataan ini memungkinkan Barat mempersenjatai kelompok pemberontak yang berupaya menjungkalkan Assad dari tampuk kepemimpinan di Suriah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com