Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Thailand Konsumen Loyal PT Dirgantara Indonesia

Kompas.com - 30/05/2013, 15:03 WIB
Marcellus Hernowo

Penulis

BANGKOK, KOMPAS.com — Thailand menjadi salah satu konsumen yang baik bagi PT Dirgantara Indonesia. Negara itu mengoperasikan sejumlah pesawat produksi industri penerbangan Indonesia ini, terutama untuk mendukung industri pertanian mereka.

"Hampir setiap dua tahun sekali, Thailand membeli produk PT Dirgantara Indonesia. Ini sudah terjadi belasan tahun," kata Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia, Budi Santoso, Kamis (30/5/2013), sesaat sebelum meninggalkan Bangkok, Thailand, menuju Kuala Lumpur, Malaysia.

Budi ke Bangkok dalam rangka road show pesawat CN 295 ke sejumlah negara ASEAN yang dipimpin Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin pada 22-31 Mei 2013. Thailand merupakan negara kelima yang dikunjungi setelah Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, dan Myanmar. Siang ini, rombongan mendarat di Kuala Lumpur, Malaysia.

Budi mengatakan, Thailand memiliki beberapa pesawat CN 212 dan CN 235 produksi PT Dirgantara Indonesia. Di Thailand, pesawat tersebut dibeli oleh Kementerian Pertanian, dengan tujuan antara lain untuk membuat hujan buatan. "Pembuatan hujan buatan di Thailand sudah sangat maju, terutama untuk mendorong industri pertanian mereka," jelas Budi.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Thailand, lanjut Budi, sampai sekarang belum ada rencana untuk membeli pesawat CN 235 atau CN 295 produksi PT Dirgantara Indonesia. Proyek kementerian tersebut pada tahun ini, antara lain pemeliharaan pesawat Hercules.

"Namun, kami tetap melakukan penetrasi pasar ke Kementerian Pertahanan Thailand. Dengan demikian, jika sewaktu-waktu membutuhkan, mereka akan melirik kami," tutur Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com