Kompas.com - 30/05/2013, 14:09 WIB
EditorEgidius Patnistik

ATHENA, KOMPAS.com — Ratusan kaum Neo-Nazi Yunani berpawai dengan obor melewati jalan-jalan di Athena, Rabu (29/5/2013) malam, untuk memperingati 450 tahun jatuhnya kota Konstantinopel.

Kaum militan dari partai ultranasionalis Golden Dawn berteriak, "Darah, Kehormatan, Golden Dawn" dan "Yunani milik orang-orang Yunani." Setelah melakukan sejumlah pidato berapi-api menentang Turki dan komunis di alun-alun di luar Katedral Athena, mereka berbaris menuju parlemen. Partai itu telah meraih 18 kursi di parlemen sejak Januari.

Pawai tahunan itu berakhir tanpa insiden, tidak seperti tahun sebelumnya ketika seorang pria Pakistan yang terjebak di jalur pawai diserang oleh 15-20 orang Neo-Nazi.

Pawai tahun ini menyebabkan kekhawatiran di kalangan wisatawan di ibu kota Yunani itu. "Ketika mereka datang, semua wisatawan membayar tagihan dan pergi," kata Fotis, seorang pelayan di restoran Meatropoleos di pusat Athena.

Koalisi yang berkuasa di Yunani terbagi terkait upaya untuk menguatkan undang-undang anti-rasialisme yang bertujuan untuk membatasi Golden Dawn, di tengah kekhawatiran bahwa hal itu tanpa disadari bisa mengasingkan gereja ortodoks yang berpengaruh.

RUU itu akan memberlakukan hukuman penjara hingga tiga tahun dan denda hingga 20.000 euro untuk pidato kebencian dan penolakan atau pujian terhadap kejahatan perang dan genosida. Kelompok-kelompok HAM percaya, Golden Dawn telah memicu gelombang baru kekerasan terhadap migran. Namun, partai itu menyangkal hal tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.