Kompas.com - 30/05/2013, 11:06 WIB
EditorEgidius Patnistik

Penelitian awal pada dua surat yang ditujukan kepada Wali Kota New York Michael Bloomberg menunjukkan adanya kandungan racun risin mematikan. Demikian menurut polisi setempat.

Penulis surat tersebut mengancam Wali Kota Bloomberg terkait perdebatan tentang undang-undang kontrol senjata. Petugas yang memiliki kontak langsung dengan salah satu surat telah menunjukkan gejala minor dari paparan risin tersebut.

Tidak jelas apakah kejadian ini memiliki hubungan dengan ancaman-ancaman lain. Seperti diketahui, beberapa surat risin telah dikirim juga ke beberapa tokoh publik lain.

Seorang pria asal Mississippi ditangkap dengan tuduhan mengirim surat kepada Presiden Barack Obama, seorang hakim, dan senator Mississippi. Selain itu, seorang pria lain juga telah ditangkap di negara bagian Washington atas surat yang dikirimkan kepada seorang hakim.

Mematikan

Polisi mengatakan, pengujian awal dari surat yang dikirim ke Bloomberg menunjukkan adanya risin, yang diekstrak dari biji jarak. Risin tersebut seribu kali lebih beracun dari sianida dan bisa berakibat fatal ketika dihirup, ditelan, atau disuntikkan meskipun ada kemungkinan untuk pulih dari paparan.

Pasukan khusus dari FBI dan divisi intelijen NYPD, yang bertanggung jawab untuk melindungi Wali Kota, sedang menyelidiki ancaman tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Wali Kota Bloomberg adalah pengampanye undang-undang senjata yang lantang bersuara. Kontrol senjata api menjadi perdebatan di Amerika dan pembicaraannya mencapai puncak sejak 26 orang tewas dalam penembakan di sekolah di Connecticut pada Desember lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.