Kompas.com - 30/05/2013, 08:48 WIB
EditorEgidius Patnistik

JENEWA, KOMPAS.com  Swiss telah mengambil langkah untuk membantu Amerika Serikat (AS) menangkap para investor kaya yang menghindari pajak dengan menyimpan uang mereka di rekening-rekening rahasia di bank-bank Swiss.

Pemerintah Swiss, Rabu (29/5/2013), mengatakan pihaknya akan memperbolehkan—tapi tidak akan memaksa—bank-bank di Swiss untuk menghindari undang-undang kerahasiaan di negara tersebut dan mengungkapkan nama-nama pemilik rekening warga Amerika itu kepada pihak berwenang Amerika yang menyelidiki kasus-kasus pengelakan pajak.

Dengan bekerja sama, bank-bank tersebut dapat terhindar dari pidana atas dugaan membantu para pengelak pajak tersebut, tetapi masih tetap harus membayar denda kepada Pemerintah Amerika.

Parlemen Swiss masih harus mempertimbangkan kesepakatan yang diperkirakan akan diberlakukan dalam beberapa bulan.

Menteri Keuangan Swiss, Eveline WIdmer-Schlumpf, menyebut kesepakatan itu "solusi yang baik dan praktis" daripada negosiasi berlarut-larut dengan Amerika atas undang-undang kerahasiaan Swiss pada rekening-rekening bank tersebut.

Namun, beberapa anggota parlemen Swiss mengatakan, tim negosiasi tunduk pada tuntutan Amerika untuk menyelesaikan kesepakatan tersebut dan mengajukan keberatan atas hilangnya kerahasiaan itu jika kesepakatan diberlakukan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X