Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taliban Serang Kantor Palang Merah di Jalalabad

Kompas.com - 29/05/2013, 22:23 WIB

JALALABAD, KOMPAS.com - Kelompok militan Taliban menyerang sebuah kantor Palang Merah di Jalalabad, Afganistan, Rabu (29/5/2013). Sejumlah aparat keamanan mengatakan selain ledakan, rentetan tembakan juga terdengar di kawasan itu.

"Informasi awal yang kami peroleh, dua orang bersenjata berada di dalam kantor Palang Merah dan tembakan terus berlangsung. Kami juga mendengar suara ledakan," kata juru bicara pemerintah provinsi, Ahmad Zia Abdulzai.

Sementara itu, juru bicara Komite Palang Merah Internasional (ICRC) di Kabul mengatakan belum bisa memberikan informasi rinci soal serangan itu.

Serangan ini terjadi di hari yang sama saat pasukan Afganistan menewaskan enam orang anggota kelompok militan yang menyerbu kantor gubernur Panjshir dalam sebuah serangan fajar di kawasan yang paling stabil di Afganistan itu.

Kedua serangan ini menyusul sebuah serangan besar di Kabul pada Jumat (24/5/2013). Saat itu, Taliban melakukan serangan bunuh diri dan menyerang kompleks permukiman internasional di pusat kota Kabul yang memicu pertempuran selama beberapa jam.

Dalam serangan di Kabul itu, empat anggota militan, satu orang polisi dan dua warga sipil tewas.

Sejumlah serangan bersenjata itu adalah bagian dari "serangan musim semi" yang dideklarasikan Taliban bulan lalu. Taliban bertekad untuk melakukan serangan bunuh diri yang akan mengakibatkan korban maksimal dan merusak stabilitas pemerintahan Presiden Hamid Karzai yang didukung Amerika Serikat.

Setelah seluruh 100.000 prajurit NATO ditarik mundur dari Afganistan pada 2014 mendatang, maka militer dan kepolisian Afganistan akan memegang peran utama dalam menjaga keamanan dan stabilitas negeri itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com