Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Jaga Ketat Pernikahan Gay Pertama Perancis

Kompas.com - 29/05/2013, 21:57 WIB
Pieter P Gero

Penulis

MONTPELLIER, KOMPAS.com - Kepolisian Perancis hari Rabu (29/5/2013) dikerahkan ke seputar gedung Dewan Kota Montpellier, di Perancis selatan, berkaitan dengan dilangsungkannya pernikahan sesama gay.

Pernikahan homoseksual ini menjadi sejarah, karena merupakan yang pertama di Perancis. Polisi perlu dikerahkan, mengingat aksi protes sengit selama pembahasan UU yang memungkinkan dilangsungkannya pernikahan sama jenis di Perancis. UU ini baru disetujui parlemen Perancis awal bulan ini.

Pengantin Bruno Boileau sebagaimana dikutip kantor berita AP, mengaku sangat prihatin dengan langkah penjagaan keamanan yang demikian ketat, menjelang pernikahannya dengan pasangannya Vincent Autin. Penjagaan dilakukan mengantisipasi adanya serangan dari kelompok yang menentang perkawinan sesama jenis ini.

Wali Kota Montpellier, Helene Mandroux, yang akan memimpin upacara perkawinan di Dewan Kota, Rabu menegaskan, "Hari ini, pria dan perempuan di Perancis tidak akan lagi menghadapi diskriminasi berkaitan dengan orientasi seks mereka."

Pada hari Minggu lalu, puluhan ribu orang melakukan protes di Paris menentang disahkannya UU yang memungkinkan perkawinan sesama jenis ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com