Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerusuhan Sektarian Kembali Terjadi di Myanmar

Kompas.com - 29/05/2013, 12:40 WIB
Wisnu Dewabrata

Penulis

YANGON, KOMPAS.com — Kerusuhan sektarian kembali pecah di kota Lashio, kawasan terpencil di timur laut Myanmar, Selasa (28/5) malam hingga Rabu (29/5/2013) pagi.

Menurut seorang aparat kepolisian dan seorang pendeta Buddha yang dihubungi per telepon, sebuah masjid, rumah yatim piatu Muslim, dan sejumlah toko milik warga Muslim dibakar oleh para perusuh.

Kerusuhan dikabarkan berkembang menyusul desas desus adanya seorang perempuan warga Buddha dibakar seorang pria Muslim.

Dikabarkan pula kekacauan yang terjadi kali ini tidak sampai merenggut korban jiwa. Sengketa dan kerusuhan bernuansa sektarian, terutama antara masyarakat mayoritas penganut agama Buddha dan warga minoritas Muslim di Myanmar, masih terus terjadi secara sporadis.

Pemerintah Myanmar yang kerap mendapat sorotan dunia terkait masalah itu telah berkali-kali menyatakan komitmennya untuk menyelesaikan persoalan tersebut dan melindungi warga minoritas.

Akan tetapi, janji tersebut semakin diragukan mengingat hingga saat ini Pemerintah Myanmar tampak belum mampu mencegah kerusuhan serupa kembali terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com