Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapura, Peringkat Keempat Destinasi Wisata Sejagat

Kompas.com - 28/05/2013, 16:16 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Singapura memperkokoh posisinya sebagai destinasi wisata berkelas dunia. Berdasarkan hasil penelitian Master Card Global Destination Index untuk tahun 2013, Singapura bercokol di urutan ke-4. Data dari penelitian itu menunjukkan Singapura diprediksi akan menarik 11,75 juta wisatawan dunia untuk mampir menikmati indahnya negeri Merlion. Angka ini melesat tajam, 2,95 juta dibandingkan dengan data terakhir di tahun 2010.

Walaupun tidak memiliki obyek wisata alam, Singapura terbukti berhasil memukau wisatawan dunia dengan sejumlah wisata buatan manusia. Destinasi seperti Hotel Marina Bay Sands, Garden by the Bay, dan Pulau Sentosa berhasil memukau wisatawan untuk berbondong-bondong terbang ke Singapura.

Faktor penting lain yang mendukung reputasi Singapura adalah infrastruktur berkelas dunia. Dengan statusnya sebagai bandara terbaik di dunia, tidak ada yang meragukan kualitas dari Bandara Changi yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang sangat menolong wisatawan saat bepergian

Pembangunan terminal pelabuhan baru, Singapore Cruise Centre, juga semakin meningkatkan daya tarik Singapura. Mobilisasi di dalam kota relatif mudah, didukung oleh MRT dan bus yang mudah diakses dari pusat-pusat wisata.

Sektor turisme Singapura didukung oleh itikad kuat dari pemerintah yang gencar mempromosikan negaranya. Pemerintah Singapura terus mempertegas komitmennya untuk menjadikan Singapura sebagai hub bisnis, shopping, wisata kesehatan, wisata kuliner, dan pusat pergelaran konferensi, konser berkelas dunia.

Mengungguli Singapura, ibu kota Thailand, Bangkok menjadi kota Asia pertama yang dinobatkan di urutan teratas. Bangkok berhasil menumbangkan London yang tergeser ke urutan ke-2. Kota romantis Paris berada di urutan ke-3. Singapura sendiri mengungguli kota-kota ternama lainnya seperti New York, Istanbul, Dubai, dan Barcelona.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com