Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Terbakarnya Bus Primajasa di Tol Cipularang

Kompas.com - 28/05/2013, 15:18 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Bus Primajasa dengan nomor polisi B 7028 YV jurusan Bandung-Jakarta, yang sedang melaju di Km 99+400 tol Cipularang, terbakar sekitar pukul 08.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Kepala Polres Purwakarta AKBP Slamet Riyadi saat dihubungi Kompas.com, Selasa, (28/5/2013), menjelaskan kronologi terbakarnya bus tersebut. Dia menyebutkan, penumpang di dalam bus tiba-tiba dikejutkan dengan munculnya asap dan percikan api dari bagian mesin.

"Begitu diketahui, sopir bus langsung memberhentikan lajunya," kata Slamet.

Dikatakan Slamet, percikan api yang dikeluarkan bus tersebut terus membesar. Beruntung, sesaat sebelum bus itu meledak dan terbakar hebat, puluhan penumpang masih sempat menyelamatkan diri dari dalam bus. "Jadi, sebelum terbakar mereka bergegas turun. Jadi, ada jeda waktu sebelum bus itu terbakar," kata Slamet.

Setelah itu, lanjut Slamet, mobil Dinas Pemadam Kebakaran Pemerintah Daerah (Pemda) Purwakarta datang sekitar 15 menit kemudian. Api bisa dipadamkan dengan cepat. Sekitar pukul 10.00 WIB, bus sudah berhasil dipindahkan oleh PJR Jatiluhur. "Sekarang sudah diamankan PJR Jatiluhur, tadi bus tersebut diderek," kata dia.

Puluhan penumpang melanjutkan perjalanan dengan bus Primajasa cadangan. Polisi belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran bus tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com