Kompas.com - 28/05/2013, 13:38 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak insentif potongan pajak properti berupa stamp duty diberlakukan Pemerintah Australia bagian New South Wales pada awal 2013 lalu, respon investor properti sangat positif.

Potongan pajak tersebut diberlakukan atas properti residensial primer. Besarannya senilai 5.000 dolar Australia atau setara Rp 48 juta dari pajak sebesar 4 persen terhadap nilai total transaksi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Marketing Head Crown Group di Indonesia, Michael Ginarto, mengatakan selain keamanan investasi, potongan stamp duty ini juga termasuk sebagai faktor pendorong derasnya minat investor asing membeli properti di New South Wales, termasuk Sydney.

"Pembeli Indonesia termasuk paling aktif. Jumlahnya terbesar kedua setelah China. Mereka membeli tak hanya satu unit, bahkan ada yang lima unit untuk dipakai oleh anak-anaknya yang bersekolah di Sydney atau disewakan kembali," ungkap Michael kepada Kompas.com di Jakarta, Selasa (28/5/2013).

Investor Indonesia meminati apartemen seharga Rp 7 miliar per unit ukuran 60-80 meter persegi atau tipe 2 kamar tidur. Ada juga yang membeli tipe penthouse ukuran 144 meter persegi dengan harga mulai Rp 10 miliar.

Adapun Skye by Crown saat ini ditawarkan sebanyak 230 unit. Khusus pembeli asal Indonesia mendapat keistimewaan berupa rental guarantee sebesar 5 persen selama dua tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.