Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kotori Monumen Mesir Kuno, Remaja China Dikecam

Kompas.com - 28/05/2013, 08:32 WIB

BEIJING, KOMPAS.com — Seorang turis China yang mencoret-coret sebuah monumen kuno Mesir kini "dikejar-kejar" para pengguna internet yang meminta orangtua si turis meminta maaf. Demikian dilaporkan media China, Senin (27/5/2013).

Sebuah foto yang diunggah ke situs jejaring sosial China, Sina Weibo, menampilkan coretan huruf-huruf China di atas sebuah prasasti berhuruf hieroglif. Demikian laporan harian Global Times.

Menurut harian China Daily, aksi vandalisme itu terjadi di sebuah kuil kuno di Luxor, tepi Sungai Nil.

Para pengguna situs Sina Weibo kemudian memburu pelaku vandalisme seorang remaja berusia 15 tahun Ding Jinhao.

Beberapa orang bahkan meretas situs resmi sekolah Jinhao sehingga membuat para pengguna situs sekolah harus mengklik gambar coretan karya Jinhao di Luxor.

Serangan di dunia maya itu membuat orangtua Jinhao membuat permintaan maaf resmi di surat kabar. Orangtua Jinhao mengatakan, akibat serangan di internet itu, anak mereka menangis sepanjang malam.

Insiden ini semakin menegaskan adanya ketakutan terkait membeludaknya turis China yang berlibur ke luar negeri.

"Insiden ini tak hanya tentang satu orang, tetapi terkait dengan kualitas bangsa ini," kata seorang pengguna Sina Weibo.

"Orang yang memalukan negara seharusnya mati," tulis orang lainnya.

Awal bulan ini seorang pejabat China mengatakan perilaku buruk beberapa turis China merusak citra negara di mata dunia internasional.

Jumlah turis China yang melancong ke luar negeri meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, Organisasi Turisme Dunia mencatat uang yang dikeluarkan turis China kini menjadi sumber utama industri wisata dunia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com