Kompas.com - 28/05/2013, 08:32 WIB
EditorErvan Hardoko

BEIJING, KOMPAS.com — Seorang turis China yang mencoret-coret sebuah monumen kuno Mesir kini "dikejar-kejar" para pengguna internet yang meminta orangtua si turis meminta maaf. Demikian dilaporkan media China, Senin (27/5/2013).

Sebuah foto yang diunggah ke situs jejaring sosial China, Sina Weibo, menampilkan coretan huruf-huruf China di atas sebuah prasasti berhuruf hieroglif. Demikian laporan harian Global Times.

Menurut harian China Daily, aksi vandalisme itu terjadi di sebuah kuil kuno di Luxor, tepi Sungai Nil.

Para pengguna situs Sina Weibo kemudian memburu pelaku vandalisme seorang remaja berusia 15 tahun Ding Jinhao.

Beberapa orang bahkan meretas situs resmi sekolah Jinhao sehingga membuat para pengguna situs sekolah harus mengklik gambar coretan karya Jinhao di Luxor.

Serangan di dunia maya itu membuat orangtua Jinhao membuat permintaan maaf resmi di surat kabar. Orangtua Jinhao mengatakan, akibat serangan di internet itu, anak mereka menangis sepanjang malam.

Insiden ini semakin menegaskan adanya ketakutan terkait membeludaknya turis China yang berlibur ke luar negeri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Insiden ini tak hanya tentang satu orang, tetapi terkait dengan kualitas bangsa ini," kata seorang pengguna Sina Weibo.

"Orang yang memalukan negara seharusnya mati," tulis orang lainnya.

Awal bulan ini seorang pejabat China mengatakan perilaku buruk beberapa turis China merusak citra negara di mata dunia internasional.

Jumlah turis China yang melancong ke luar negeri meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, Organisasi Turisme Dunia mencatat uang yang dikeluarkan turis China kini menjadi sumber utama industri wisata dunia.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.