Kompas.com - 27/05/2013, 17:27 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Biro Statistik Nasional (NBS) China mencatatkan data terbaru soal pekerja migran. Sampai dengan akhir 2012, ada 262,61 juta pekerja migran China. Demikian warta Xinhua pada Senin (27/5/2013). Jumlah ini setara dengan kenaikan 3,9 persen.

Menurut NBS, dari jumlah pekerja migran tersebut, 163,36 juta sudah bekerja di luar daerah mereka sejak enam bulan silam. Angka ini andai dibandingkan setahun sebelumnya, 2011, naik 3 persen.

NBS juga mengatakan kalau mayoritas pekerja migran China berasal dari kawasan tengah dan barat Negeri Tembok Raksasa. Kedua kawasan itu relatif lebih lambat perkembangan ekonominya ketimbang kawasan-kawasan lain di China.

Sampai dengan akhir 2012 pula, pendapatan per kapita bulanan pekerja migran rata-rata 370,48 dollar AS atau setara dengan 2.290 yuan. Angka ini naik 11,8 persen ketimbang pada 2011. "Tapi, pertumbuhannya justru susut 9,4 poin lebih rendah," kata NBS.

Para pekerja migran China itu kebanyakan mengincar pekerjaan di sektor transportasi dan konstruksi. Soalnya, upah dari sektor ini lumayan tinggi. Sementara pekerjaan di sektor pelayanan, katering makanan, dan pabrik manufaktur justru berupah rendah.

Data NBS juga menunjukkan rata-rata usia para pekerja migran pada tahun 2012 adalah 37,3 tahun, lalu 66,4 persen dari jumlah pekerja migran itu berjenis kelamin laki-laki.

Dalam jajak pendapat paling anyar ini, NBS melibatkan 200.000 pekerja migran di 7.500 wilayah pedesaan di seantero China.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.