Kompas.com - 26/05/2013, 20:05 WIB
|
EditorPipit Puspita Rini

SINGAPURA, KOMPAS.com - Bayi Indonesia populer di Singapura. Hal ini dibuktikan dengan terus meningkatnya jumlah adopsi bayi dari Tanah Air oleh pasangan di Singapura. Peningkatan ini salah satunya disebabkan karena larangan mengadopsi bayi dari China.

Pasangan suami-istri Singapura pun mengalihkan sasaran ke Indonesia. Kebanyakan dari mereka adalah warga etnis China, yang mencari bayi dengan etnis sama.

Yang menarik, harga adopsi bayi-bayi ini tidaklah murah. Agen yang mengurus perihal adopsi bayi menaksir harga sekitar 20.000 - 28.000 dolar Singapura (sekitar 160- 224 juta rupiah) untuk seorang bayi. Harga ini cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Agen akan memperoleh 20% dari pembayaran.

Pasangan Singapura cenderung tidak rewel dalam mengadopsi. Mereka tidak terlalu mempersoalkan jenis kelamin bayi.

Hukum setempat melarang bagi pasangan yang mengadopsi bayi untuk memberikan "uang tip" pada orangtua bayi. Tapi kenyataan di lapangan berbicara lain. "Angpao" adalah hal yang lumrah. Agen yang menolak disebut namanya, mengatakan besarnya "angpao" itu tidaklah sedikit, berkisar 10.000-16.000 dolar Singapura, untuk ibu yang rela menyerahkan bayinya.

Kebanyakan dari Ibu pemilik bayi adalah single mother atau terlalu miskin untuk membesarkan bayinya. Mereka menilai ini sebagai opsi terbaik untuk kebaikan bayinya sendiri.

Pemerintah Singapura tetap memberlakukan syarat ketat perihal adopsi bayi. Pemeriksaan ketat dilakukan terhadap dokumen-dokumen seperti identitas bayi, surat dari orang tua bayi yang menyatakan dengan rela memberikan anaknya untuk diadopsi, dan pernyataan pengadopsi bahwa bayi diadopsi secara legal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini dilakukan untuk mencegah pembelian bayi dari sindikat penjual bayi yang lalu lalang di kawasan Asia Tenggara. (K70-12)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.