Kompas.com - 26/05/2013, 03:35 WIB
EditorErvan Hardoko

TUNIS, KOMPAS.com - Ameenah Tyler (19), yang sempat membuat geger Tunisia ketika mengunggah foto telanjang dadanya ke internet sebagai bentuk protes, terancam hukuman penjara enam bulan. Demikian kuasa hukum Ameenah.

Ameenah, yang bersembunyi setelah mendapat ancaman pembunuhan dari seorang ulama radikal, mencoba untuk melakukan protes baru di pusat keagamaan Kairouan, di mana umat Muslim ultrakonservatif berencana menggelar pertemuan tahunan.

Sejumlah saksi mata melihat Ameenah menuliskan nama FEMEN, kelompok aktivis perempuan Ukraina yang kerap melakukan aksi protes telanjang, di dinding sebuah makam dekat masjid raya.

Polis menduga Ameenah akan kembali melepas pakaiannya. Massa yang marah kemudian mengepun perempuan itu, beruntung polisi kemudian membawanya pergi.

Kuasa hukum Ameenah, Mokhtar Jannene, mengatakan, kliennya hanya dikenakan dakwaan membawa barang berbahaya, yang ternyata hanyalah benda berukuran sebesar pensil yang biasa digunakan untuk menyemprotkan cairan pedas kepada orang yang berbahaya.

"Kasus ini hanya sebuah akrobat hukum," kata Mokhtar.

Dia menambahkan, dakwaan untuk Ameenah didasarkan pada undang-undang tahun 1894 yang seharusnya tak bisa digunakan dalam kasus ini.

"Klien saya menerima benda itu dari seorang wartawan asing yang mewawancarainya dan memberikannya sebagai alat untuk melindungi diri," ujar Mokhtar.

Mokhtar menambahkan, Ameenah dalam kondisi yang baik dan akan menjalani sidang pada Kamis (31/5/2013).

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.