Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Bayarkan Pensiun 486 Juta Warganya

Kompas.com - 25/05/2013, 16:45 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Sampai dengan akhir April 2013, China, melalui program dana pensiun kependudukan sudah membayarkan dana tersebut untuk 486 juta warganya. Data ini dirilis oleh Kementerian Sumber Daya Manusia dan Keamanan Sosial sebagaimana warta Xinhua pada Sabtu (25/5/2013).

Menurut Wakil Direktur Kementerian Liu Conglong, sampai kini 133 juta warga China yang berusia lanjut mendapatkan pensiun mereka sebulan sekali. "Kami selalu membenahi program pensiun itu,"katanya.

China melakukan langkah signifikan untuk membenahi program pensiun dan jaring pengaman sosial. Pembenahan itu berawal pada 2009. Pada 2011, program itu diperluas untuk para warga pelaju yang bekerja di kota-kota besar. "Perluasan ini untuk menjamin semua warga masyarakat terjangkau sistem pensiun,"katanya.

Untuk kelompok warga pelaju, pemerintah China memberikan dukungan kebijakan. Salah satunya, pemerintah China mengukur prosentase perolehan dana pensiun dengan standard pendapatan setempat. Di Negeri Tembok Raksasa, batas usia minimal penerima pensiun adalah 60 tahun.

Sistem pembayaran pensiun pun terbagi dua. Pemerintah membayar penuh asuransi dasar pensiun. Sementara, warga bersangkutan membayar dana pensiunnya melalui akun pensiun personal.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com