Kompas.com - 25/05/2013, 16:45 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Sampai dengan akhir April 2013, China, melalui program dana pensiun kependudukan sudah membayarkan dana tersebut untuk 486 juta warganya. Data ini dirilis oleh Kementerian Sumber Daya Manusia dan Keamanan Sosial sebagaimana warta Xinhua pada Sabtu (25/5/2013).

Menurut Wakil Direktur Kementerian Liu Conglong, sampai kini 133 juta warga China yang berusia lanjut mendapatkan pensiun mereka sebulan sekali. "Kami selalu membenahi program pensiun itu,"katanya.

China melakukan langkah signifikan untuk membenahi program pensiun dan jaring pengaman sosial. Pembenahan itu berawal pada 2009. Pada 2011, program itu diperluas untuk para warga pelaju yang bekerja di kota-kota besar. "Perluasan ini untuk menjamin semua warga masyarakat terjangkau sistem pensiun,"katanya.

Untuk kelompok warga pelaju, pemerintah China memberikan dukungan kebijakan. Salah satunya, pemerintah China mengukur prosentase perolehan dana pensiun dengan standard pendapatan setempat. Di Negeri Tembok Raksasa, batas usia minimal penerima pensiun adalah 60 tahun.

Sistem pembayaran pensiun pun terbagi dua. Pemerintah membayar penuh asuransi dasar pensiun. Sementara, warga bersangkutan membayar dana pensiunnya melalui akun pensiun personal.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.