Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Restui YouTube Sambangi WP8

Kompas.com - 25/05/2013, 16:38 WIB

Nokia Lumia 520.

KOMPAS.com - Microsoft dan Google sempat berseteru soal karena aplikasi YouTube di Windows Phone. Bahkan, Google sudah meminta YouTube ditarik dari toko aplikasi Windows Phone.

Google menuduh Microsoft  telah melanggar ketentuan Application Programming Interface (API) YouTube dengan tidak menayangkan iklan melalui aplikasi bikinannya.

Nah, setelah melewati beberapa negosiasi, Google berubah pikiran dan bersama Microsoft sepakat bekerjasama membuat aplikasi YouTube yang baru untuk Windows Phone.

Seperti dikutip dari The Verge, Jumat (24/5/2013), aplikasi YouTube untuk Windows Phone 8 sekarang telah memenuhi syarat pemakaian Application Programming Interface (API) resmi.

Selain itu, Microsoft juga mengizinkan adanya iklan dalam aplikasi YouTube di Windows Phone. Ini berarti, pengguna Windows Phone akan melihat iklan di aplikasi YouTube terbaru. Pencantuman iklan ini sepertinya menjadi syarat utama yang harus dipenuhi Microsoft agar YouTube tampil di Windows Phone.

Menurut juru bicara Google, aplikasi YouTube yang sekarang ada di Windows Phone Store akan diganti dengan aplikasi baru buatan kedua perusahaan. Ia akan hadir dalam beberapa pekan mendatang.

Sebelumnya, aplikasi YouTube dikembangkan sendiri oleh Microsoft karena ia termasuk dalam salah satu aplikasi bawaan dan utama. Selama ini, Microsoft menuding Google tidak memberi fitur penuh pada API YouTube untuk pihak ketiga, yang berguna dalam hal pemutaran video dan akses ke metadata YouTube.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com