Kompas.com - 24/05/2013, 18:55 WIB
EditorErvan Hardoko

LONDON, KOMPAS.com — Sebuah pesawat terbang jenis Airbus A319 milik maskapai British Airways, Jumat (24/5/2013), terpaksa melakukan pendaratan darurat di Bandara Heathrow, setelah sejumlah saksi mata melihat pesawat itu terbakar di atas kota London.

"Saat saya melihat ke atas saya melihat api keluar dari mesin. Saat kami melihatnya mesin pesawat benar-benar terbakar," kata pria bernama Jamie seperti dikutip Sky News.

Pesawat terbang yang mengangkut 75 penumpang itu seharusnya dalam perjalanan ke Oslo, Norwegia. Pesawat itu terpaksa kembali ke bandara karena mengalami "masalah teknis". Demikian pernyataan British Airways.

Sejumlah spekulasi beredar, mesin pesawat itu terbakar setelah menabrak burung. Namun, sejauh ini belum diperoleh penjelasan resmi terkait masalah ini.

Juru bicara Heathrow mengatakan, semua penumpang berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat.

Selain itu, pihak bandara memastikan insiden ini tidak mengganggu operasional bandara.

Dua landas pacu yang ditutup saat pendaratan darurat terjadi sudah dibuka kembali dan pesawat British Airways itu sudah ditarik ke hanggar untuk diperiksa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Aparat keamanan sudah menepis adanya kemungkinan serangan teror dan para penyelidik kini lebih mengintensifkan pemeriksaan terkait kemungkinan "serangan burung".

David Gallagher, salah seorang penumpang, menyatakan bahwa kobaran api di mesin pesawat terlihat jelas dari dalam kabin penumpang.

"Setelah delapan atau sembilan menit penerbangan, saya mendengar suara keras. Bukan ledakan namun lebih ke suara yang tidak biasa," kata Gallagher kepada BBC News.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.