Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 8,2 SR Guncang Rusia Timur Jauh

Kompas.com - 24/05/2013, 15:17 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Sebuah gempa bumi bawah laut di kawasan timur jauh Rusia, Jumat (24/5/2013), memicu peringatan tsunami dan dirasakan di kota-kota wilayah barat Rusia, termasuk ibu kota Moskwa, yang berjarak 6.400 km dari pusat gempa.

Pantauan Badan Survei Geologi AS (USGS) mencatat gempa itu berkekuatan 8,2 dalam skala Richter dengan episentrum di Laut Okhotsk lepas pantai Semenanjung Kamchatka dengan kedalaman lebih dari 600 kilometer.

Meski belum dikabarkan mengakibatkan korban manusia, Pemerintah Rusia langsung menerbitkan peringatan dini tsunami untuk Pulau Sakhalin dan sekitarnya.

Pemerintah meminta warga untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Namun, kini peringatan bahaya tsunami itu sudah dicabut.

"Getaran gempa dirasakan di Nizhny Novgorod, Moskwa, dan Eropa, serta sebagian Romania. Intinya seluruh benua terguncang," kata Anatoly Tsygankov dari Badan Pemantau Lingkungan Rusia.

Menurut kantor berita RIA Novosti, guncangan gempa dirasakan di seluruh kawasan timur jauh Rusia dan Siberia, termasuk di kota-kota besar kawasan itu seperti Krasnoyarks dan Blagoveshchensk.

Kementerian Urusan Darurat di Moskwa, yang terpisah delapan zona waktu dengan kawasan pusat gempa, mengatakan sudah menerima kabar gempa ini Jumat pagi.

"Moskwa adalah bagian dari zona di mana guncangan gempa dapat dirasakan. Tidak berbahaya, tetapi penting, contohnya, untuk standar keamanan bangunan," kata Arkady Tishkov dari Institut Geografi di Akademi Sains Rusia kepada kantor berita Interfax.

Arkady mengatakan, Moskwa terakhir kali merasakan guncangan gempa adalah pada 30 tahun lalu.

Sementara itu, di St Petersburg, guncangan gempa membuat penghuni sebuah gedung berlantai 21 harus dievakuasi. Demikian dilaporkan situs berita Fontanka.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com