Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Dua Orang Ditangkap Terkait Aksi Pemenggalan

Kompas.com - 24/05/2013, 11:35 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Kepolisian Inggris menangkap dua orang lagi dan memeriksa banyak rumah di seluruh penjuru London menyusul pembunuhan terhadap seorang prajurit veteran perang Afganistan, Rabu (22/5/2013).

Sepanjang Kamis (23/5/2013), polisi memeriksa lima properti di London dan satu desa di wilayah timur Inggris. Polisi kemudian mengumumkan telah menahan seorang pria dan wanita, keduanya berusia 29 tahun, yang diduga terlibat dalam pembunuhan itu.

Sementara itu, para detektif terus mendalami pernyataan para saksi, media sosial, dan kamera CCTV. Adapun para pakar forensik masih menyisir tempat kejadian pembunuhan di Woolwich untuk mencari bukti baru.

Media massa Inggris ramai mengabarkan, kedua tersangka pembunuhan yang sudah ditahan adalah Michael Adebolajo (28) dan Michael Adebowale (22).

Seorang ulama Inggris, Choudary, mengatakan kepada AFP bahwa Michael Adebolajo itu berasal dari sebuah keluarga keturunan Nigeria.

Adebolajo memeluk Islam pada 2003 dan mengganti namanya menjadi "Mujahid". Adebolaje kerap menghadiri khotbah Omar Bakri, pendiri organisasi Islam terlarang, Al-Muhajiroun.

"Dia (Adebolajo) dulu kerap menghadiri kegiatan kami, yang sebenarnya sangat damai dan tidak mengandung kekerasan sama sekali," kata Choudary.

"Kemudian dia menghilang dan kami kehilangan kontak dengan dia sejak tiga tahun lalu," lanjut dia.

Korban pembunuhan adalah Lee Rigby (25), yang baru saja kembali dari tugas militernya ke Afganistan. Rigby diketahui memiliki seorang putra berusia dua tahun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com