Kompas.com - 24/05/2013, 08:28 WIB
EditorPalupi Annisa Auliani

CANNES, KOMPAS.com - Lagi-lagi sebuah pencurian terjadi di tengah semarak Festival Film Cannes, Perancis, Kamis (23/5/2013). Kali ini, sebuah kalung seharga 2 juta euro dicuri.

Pencurian ini menjadi yang kedua, di tengah hajatan festival. Pemilik kalung, Jeweler de Gisogono mengatakan dalam sejarah 20 tahun perusahaan, baru sekarang mengalami pencurian koleksi perhiasan mereka. Perusahaan mengatakan nilai kalung yang dicuri adalah 2 juta euro, setara 2,6 juta dollar AS atau sekitar Rp 25 miliar. Menurut De Grisogono, 80 petugas keamanan sudah disiagakan di Hotel Cap Eden Roc di Cap d'Antibes, sebelah timur dari Cannes, tempat perhiasan berada.

Kepolisian Nice, Prancis, membenarkan adanya pencurian tetapi menyatakan nilai jual kalung hanya sekitar 1 juta euro, setara 1,3 juta dollar AS atau sekitar Rp 12 miliar. Sedangkan Kepolisian di Cap d'Antibes, kota resor mewah di mana pesta diadakan, juga bahkan hanya menaksir kalung yang hilang berharga 1 juta dollar AS, atau "hanya" 773 ribu euro, sekitar Rp 9,8 miliar.

Pencurian sebelumnya

Sebelumnya, Jumat (17/5/2013), Kepolisian Nice menyatakan perhiasan senilai lebih dari 1 juta dollar AS milik perusahaan perhiasan Chopard dari Swiss telah dicuri dari kamar hotel di Cannes. Belakangan Chopard menyatakan nilai perhiasan yang hilang jauh lebih rendah dibandingkan yang telah dilansir di media massa. Pencurian perhiasan Chopard terjadi pada Kamis (16/5/2013), atau hari kedua festival yang dijadwalkan berlangsung sampai 26 Mei 2013.

Komandan Bernard Mascarelli dari Kepolisian Nice mengatakan perhiasan itu dicuri dari sebuah kamar di Suite Novotel hotel di Boulevard Carnot di Cannes. Dia mengatakan seorang pegawai Chopard meninggalkan kamar itu selama beberapa jam untuk makan malam. Ketika pegawai tersebut kembali, lanjut Mascarelli, dia mendapatkan seluruh tempat penyimpanan perhiasan sudah terbuka dan isinya lenyap.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.