Kompas.com - 23/05/2013, 18:44 WIB
EditorErvan Hardoko

DAMASKUS, KOMPAS.com — Sebanyak 75 pejuang Hezbollah tewas di Suriah sejak organisasi itu melibatkan diri dalam konflik bersenjata Suriah sebulan lalu. Demikian sejumlah sumber yang dekat dengan Hezbollah menyebutkan, Kamis (23/5/2013).

"Sebanyak 57 orang tewas dalam pertempuran dan 18 lainnya tewas akibat luka-lukanya sejak awal keterlibatan Hezbollah dalam perang Suriah," kata sumber itu.

Para pejuang Hezbollah semakin terlibat dalam perang Suriah, bertempur bersama pasukan yang setia terhadap Presiden Bashar al-Assad melawan pemberontak yang ingin menggulingkan Assad.

Awalnya, Hezbollah mengatakan, mereka hanya ingin mempertahankan 13 desa Suriah di sepanjang perbatasan yang banyak dihuni warga Syiah Lebanon dan mempertahankan Sayyeda Zainal, tempat suci Syiah di dekat Damaskus.

Namun, pasukan elite Hezbollah kini ikut mengepung kota Qusayr bersama pasukan pemerintah untuk merebut kota berpenduduk 25.000 orang itu yang kini masih dikuasai pasukan pemberontak.

Sebelumnya, Hezbollah membantah keterlibatannya di Suriah dan secara diam-diam memakamkan pejuang mereka yang tewas dalam pertempuran di Suriah.

Kepura-puraan itu berakhir setelah pemimpin Hezbollah Hassan Nasrallah pada 20 April lalu memberikan penghormatan kepada anggotanya yang tewas di Suriah.

Sejumlah pakar mengatakan, Hezbollah memiliki sedikitnya 20.000 pejuang yang sekitar 5.000-7.000 orang memiliki pengalaman tempur.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.