Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

75 Pejuang Hezbollah Tewas di Suriah

Kompas.com - 23/05/2013, 18:44 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com — Sebanyak 75 pejuang Hezbollah tewas di Suriah sejak organisasi itu melibatkan diri dalam konflik bersenjata Suriah sebulan lalu. Demikian sejumlah sumber yang dekat dengan Hezbollah menyebutkan, Kamis (23/5/2013).

"Sebanyak 57 orang tewas dalam pertempuran dan 18 lainnya tewas akibat luka-lukanya sejak awal keterlibatan Hezbollah dalam perang Suriah," kata sumber itu.

Para pejuang Hezbollah semakin terlibat dalam perang Suriah, bertempur bersama pasukan yang setia terhadap Presiden Bashar al-Assad melawan pemberontak yang ingin menggulingkan Assad.

Awalnya, Hezbollah mengatakan, mereka hanya ingin mempertahankan 13 desa Suriah di sepanjang perbatasan yang banyak dihuni warga Syiah Lebanon dan mempertahankan Sayyeda Zainal, tempat suci Syiah di dekat Damaskus.

Namun, pasukan elite Hezbollah kini ikut mengepung kota Qusayr bersama pasukan pemerintah untuk merebut kota berpenduduk 25.000 orang itu yang kini masih dikuasai pasukan pemberontak.

Sebelumnya, Hezbollah membantah keterlibatannya di Suriah dan secara diam-diam memakamkan pejuang mereka yang tewas dalam pertempuran di Suriah.

Kepura-puraan itu berakhir setelah pemimpin Hezbollah Hassan Nasrallah pada 20 April lalu memberikan penghormatan kepada anggotanya yang tewas di Suriah.

Sejumlah pakar mengatakan, Hezbollah memiliki sedikitnya 20.000 pejuang yang sekitar 5.000-7.000 orang memiliki pengalaman tempur.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com