Kompas.com - 23/05/2013, 18:07 WIB
EditorErvan Hardoko

KATHMANDU, KOMPAS.com — Tak ada kata terlambat untuk menorehkan prestasi. Itulah yang dilakukan Yuichiro Miura (80) sehingga mencatatkan namanya menjadi orang tertua yang berhasil menaklukkan puncak tertinggi dunia Gunung Everest.

Miura sebenarnya pernah mencoba menaklukkan gunung ini lima tahun lalu, tetapi gagal. Tak patah semangat, dia mengulanginya dan kini meraih keberhasilan.

Stasiun televisi NHK bahkan menayangkan rekaman saat putri Miura, Emili, berbicara dengan ayahnya lewat telepon di Tokyo. Emili langsung bertepuk tangan ketika saudara laki-lakinya yang ikut mendaki memberi kabar Miura sudah mencapai puncak Everest.

"Saya berhasil," kata Miura lewat telepon.

"Saya tak pernah membayangkan saya bisa mencapai puncak Everest dalam usia 80 tahun," tambah Miura.

"Saya merasa sangat bahagia meski saya sangat lelah. Dalam usia 80 tahun, saya masih bisa mendaki dengan baik," ujarnya.

Dalam situs ekspedisi Everest-nya, Miura menjelaskan ambisinya menaklukkan Everest dalam usianya yang sudah sangat senja.

"Ini adalah tantangan bagi saya untuk mencapai batas tertinggi. Upaya ini adalah penghormatan untuk alam ini," kata Miura.

Dalam perjalanan menuju puncak ini, Miura berkompetisi dengan pendaki uzur lainnya, Min Bahadur Sherchan (81) asal Nepal.

Meski berhasil mengungguli Sherchan, masih terbuka kemungkinan Sherchan bisa mencapai puncak Everest.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.