Kompas.com - 23/05/2013, 17:54 WIB
|
EditorKistyarini

SURABAYA, KOMPAS.com — Made Yoga (46), petugas Rutan Kelas I Surabaya, Medaeng, ditangkap Badan Narkotika Nasional (BNN) bersama tiga tersangka terkait jaringan jual beli narkoba. Seorang di antaranya adalah mantan napi kasus narkoba binaannya di rutan yang sama.

Kepala BNN Komjen Pol Anang Iskandar di Surabaya, Kamis (23/5/2013), menjelaskan, mantan napi berinisial SP (56) itu menitipkan sabu seberat 3,4 kilogram kepada Made untuk dipasarkan. Dari jumlah itu, tersisa 700 gram dan SP menjual kepada seseorang sebanyak 200 gram. "Saat transaksi di area parkir RS Darmo Surabaya, SP kami tangkap bersama pembelinya RK," kata Anang.

BNN kemudian menggeledah rumah SP di Sidoarjo lalu menemukan sisa barang bukti seberat 500 gram. "Istri SP bernama IS juga kami amankan karena diduga berperan sebagai pengatur keuangan SP," lanjut Anang.

Penangkapan Made terjadi melalui penjebakan oleh petugas BNN saat menemui SP. Made berjanji menemui SP karena sudah memesan 100 gram untuk pembelinya yang merupakan napi Rutan Medaeng yang masih aktif menjalani hukuman.

"Made mengaku baru kali ini menjual narkoba, dia berencana berhenti setelah menyelesaikan transaksi karena akan meneruskan studinya," terang Anang.

Sesuai UU 35/2009 tentang Narkotika, para tersangka melanggar Pasal 114, 112, dan 132 dengan ancaman pidana mati, pidana seumur hidup, atau pidana paling lama 20 tahun, dan paling sedikit enam tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.