Kompas.com - 23/05/2013, 17:31 WIB
|
EditorFarid Assifa

SURABAYA, KOMPAS.com - Lebih dari 10 ribu pelajar dari berbagai daerah di Jatim, Kamis (23/5/2013) meneguhkan komitmen untuk menjauhi narkoba. Deklarasi antinarkoba itu sebagai upaya menumbuhkan sikap kesadaran pribadi untuk menjauhi narkoba.

Menurut Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Anang Iskandar, prevalensi penyalahgunaan narkoba di lingkungan pelajar se-Indonesia mencapai 4,7 persen.

"Karena itu, seruan antinarkoba harus terus digelorakan tanpa henti kepada seluruh pelajar," katanya.

Pencegahan narkoba, kata mantan Kapolwiltabes Surabaya ini, tidak bisa dilakukan hanya mengandalkan penegakan hukum, tapi upaya menumbuhkan sikap menolak narkoba secara individu juga harus dijadikan strategi andalan.

Wagub Jatim Saifullah Yusuf meminta agar semua pelajar menjadi penyebar virus di lingkungannya untuk menyerukan antinarkoba. "Selain kepada adik, kakak, dan keluarganya virus antinarkoba perlu disosialisasikan kepada semua famili dan tetanggaya," jelas Saifullah.

Turut hadir dalam deklarasi yang digelar di Convention Center, Supermall Surabaya itu, Ketua DPRD Jatim Imam Sunardi, Kepala BNNP Jatim Brigjen Pol Iwan Ibrahim, dan sejumlah pejabat Dinas Pendidikan Provinsi Jatim dan Kota Surabaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.