Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Fed: Pengangguran Lemahkan Perekonomian AS

Kompas.com - 22/05/2013, 21:36 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Gubernur bank sentral Amerika Serikat (The Federal Reserve) menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi AS akan terhambat oleh tingginya angka pengangguran, pengurangan belanja pemerintah, serta kebijakan moneter yang ketat.

“Langkah prematur untuk memperketat kebijakan moneter akan menyebabkan suku bunga acuan naik sementara. Hal itu sekaligus membawa risiko terhadap perlambatan ekonomi yang bisa membahayakan, serta meningkatkan inflasi," ujarnya dalam sambutan menjelang pertemuan bersama Kongres, Rabu (22/5/2013).

Bernanke adalah salah satu Gubernur The Fed yang paling agresif mendorong stimulus ekonomi dalam jangka 100 tahun terakhir dalam upaya mencapai pertumbuhan ekonomi dan mengurangi angka pengangguran, yang saat ini berada di level 7,5 persen. Sebagaimana diketahui, saat ini AS sedang menghadapi kelesuan perekonomian terburuk setelah Great Depression pada era 1930-an.

Dia menjelaskan bahwa ekonomi AS saat ini tetap tumbuh moderat dan inflasi masih di bawah target bank sentral, meskipun jatuhnya berbagai harga dalam dua bulan terakhir ini memunculkan kekhawatiran terhadap terjadinya deflasi.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com