Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Seputar Kematian Osama, Tetap Rahasia Negara

Kompas.com - 22/05/2013, 20:16 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Pengadilan banding Amerika Serikat, Selasa (21/5/2013) waktu setempat, memutuskan lebih dari 50 foto Osama bin Laden yang diambil setelah dia tewas dalam penggerebekan di Abottabad, Pakistan, tetap menjadi rahasia negara dan belum dapat dipublikasikan.

Keputusan ini merupakan keputusan mutlak tiga hakim Pengadilan Banding AS di Washington DC. Keputusan ini sekaligus menolak permintaan rilis foto Osama bin Laden oleh sebuah organisasi nonprofit.

Judicial Watch menuntut agar foto-foto dan video penggerebekan persembunyian Osama bin Laden pada Mei 2011 di Pakistan dapat dirilis.

Tuntutan organisasi ini diajukan berdasarkan Undang-Undang Kebebasan Informasi 1966 yang menjamin akses publik terhadap sejumlah dokumen pemerintah.

Namun, para hakim menerima alasan yang diberikan pemerintahan Presiden Barack Obama bahwa foto-foto Osama bin Laden itu belum dapat dirilis kepada publik karena dapat menyebabkan kerusuhan dan terancamnya nyawa warga Amerika Serikat di luar negeri.

Pengadilan memutuskan bahwa risiko keamanan membuat keputusan menjadikan foto-foto ini rahasia negara dan menjadi perkecualian terkait undang-undang kebebasan informasi dapat diterima.

Namun, keputusan pengadilan itu tidak memuaskan Presiden Judicial Watch Tom Fitton. Dia mengatakan keputusan ini sama dengan mengizinkan teroris mendikte undang-undang Amerika Serikat.

Fitton menambahkan kuasa hukumnya akan mempertimbangkan langkah yang akan diambil pasca-putusan ini. Langkah yang bisa diambil adalah mengajukan kembali kasus ini ke Mahkamah Agung Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com