Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentrokan Sektarian di Lebanon, 4 Tewas

Kompas.com - 22/05/2013, 19:33 WIB
BEIRUT, KOMPAS.com — Sedikitnya empat orang tewas dalam bentrokan berdarah di kota Tripoli di wilayah utara Lebanon, Rabu (22/5/2013). Kerusuhan di kota terbesar kedua Lebanon itu sudah memasuki hari yang keempat.

Sejumlah sumber dari aparat keamanan Lebanon mengatakan, sebanyak 35 orang juga terluka dalam bentrokan antara penduduk Muslim Suni dan Alawi di kota itu.

Korban tewas terdiri atas dua warga Suni dari distrik Bab el-Tebbaneh, satu warga Suni yang belum diketahui asalnya, dan seorang warga Alawi dari kawasan Jabal Mohsen.

Media massa setempat mengabarkan sejak kerusuhan ini pecah pada Minggu (19/5/2013), korban tewas sudah mencapai 10 orang, terdiri atas delapan warga sipil dan dua tentara Lebanon.

Untuk menanggulangi kerusuhan, Pemerintah Lebanon mengerahkan tentara ke kawasan itu. Namun, sejauh ini militer gagal mencegah berulangnya bentrokan di kota itu.

Bentrokan di Tripoli semakin kerap terjadi sejak konflik bersenjata pecah di Suriah pada Maret 2011.

Tripoli adalah kota dengan mayoritas penduduk Muslim Suni. Namun, di kota ini, tinggal juga minoritas pemeluk Alawi, salah satu sekte Syiah. Presiden Suriah Bashar al-Assad adalah seorang Alawi.

Bentrokan di Tripoli paling sering melibatkan warga Suni di distrik Bab el-Tebbaneh melawan komunitas Alawi dari kawasan Jabal Mohsen.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com