Kompas.com - 22/05/2013, 17:03 WIB
EditorErvan Hardoko

DAMASKUS, KOMPAS.com — Kelompok oposisi Suriah, Rabu (22/5/2013), mendesak para pejuang pemberontak di seluruh penjuru Suriah untuk segera membantu mempertahankan kota Qusayr dari gempuran pasukan pemerintah.

Selain itu, kelompok oposisi Suriah juga mengimbau komunitas internasional untuk membentuk koridor bantuan kemanusiaan untuk kota yang terkepung itu.

Ketua sementara Koalisi Oposisi Nasional Suriah, George Sabra, menyerukan agar seluruh pasukan pemberontak ikut mempertahankan Qusayr dari gempuran pasukan pemerintah yang didukung pasukan Hezbollah.

"Batalion-batalion revolusioner dan Tentara Pembebasan Suriah (FSA) segeralah menyelamatkan kota Qusayr dan Homs," demikian pernyataan Sabra.

Sabra juga menyerukan agar para pejuang di seluruh Suriah mengirimkan persenjataan ke Qusayr sekecil apa pun senjata itu.

"Kami menyerukan kepada dunia internasional untuk membuka sebuah koridor bantuan kemanusiaan untuk menyelamatkan korban luka dan membawa pasokan obat-obatan dan bantuan untuk 50.000 orang yang terkepung di sana," tambah Sabra.

Organisasi Pengawas HAM Suriah memperkirakan sedikitnya 25.000 orang masih terperangkap di Qusayr dan desa-desa di sekitar kota yang terletak di Provinsi Homs yang berbatasan dengan Lebanon.

Sejak Minggu (19/5/2013), pasukan Pemerintah Suriah dibantu para pejuang Hezbollah telah meluncurkan serangan besar-besaran ke kota Qusayr.

Bahkan, sejumlah laporan mengatakan pasukan Pemerintah Suriah sudah memasuki kota dan menguasai sejumlah bangunan di kota tersebut.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.