Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berfoto di Ruang Kerja Presiden Putin untuk Rayu Wanita

Kompas.com - 21/05/2013, 20:26 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Garda Federal Rusia melakukan penyelidikan setelah sejumlah foto beredar di media menampilkan seorang mantan pegawai Kremlin berpose di meja kerja Presiden Vladimir Putin. Demikian seorang petinggi Rusia menjelaskan, Selasa (21/5/2013).

Dalam foto itu mantan pegawai bernama Alexei Ustimchuk itu terlihat duduk di belakang meja kerja besar di dalam ruang kerja Putin di Kremlin.

Foto ini kemudian menyebar di internet yang lalu menjadi bahan olok-olok terkait lemahnya pengamanan yang memungkinkan seorang pekerja biasa bisa memasuki ruang kerja presiden dengan begitu mudah.

Foto-foto itu diterbitkan pertama kali oleh tabloid Moskovsky Komsomolets. Dalam foto itu Ustimchuk terlihat duduk di sebuah ruangan berdinding kayu dengan dua kursi duduk dan sebuah bendera Rusia.

Kondisi ruangan itu sama persis dengan ruang kerja Presiden Putin dan tempat di mana dia menggelar pertemuan dengan wali kota Moskwa Sergei Sobyanin awal bulan ini.

"Kami sedang menyelidiki apakah foto-foto ini asli atau tidak," kata juru bicara Garda Federal Rusia (FSO), Sergei Devyatov.

FSO adalah sebuah organisasi yang bertanggung jawab untuk memastikan keamanan para pejabat tinggi Rusia seperti Vladimir Putin.

Tabloid Moskovsky Komsomolets tidak menjelaskan dari mana diperoleh foto-foto itu. Namun, tabloid itu mengatakan, Ustimchuk, yang merupakan pegawai Departemen Komunikasi FSO antara 2004-2011, mengunggah foto itu di sebuah situs kencan untuk membuat para gadis kagum.

"Gadis mana yang akan menolak seorang kapten dengan akses langsung ke ruang kerja presiden?" kata tabloid itu.

Ustimchuk sendiri kini tengah menjalani hukuman penjara setelah terbukti melakukan penculikan putra pebisnis Rusia, Yevgeny Kaspersky, tahun lalu.

Pengadilan militer menjatuhkan hukuman 4,5 tahun penjara untuk kejahatan penculikan dan pemerasan yang dilakukan Alexei Ustimchuk.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com