Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persidangan Mantan PM Ukraina Sudah 18 Kali Ditunda

Kompas.com - 21/05/2013, 18:50 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Hingga kini, pengadilan terhadap mantan Perdana Menteri (PM) Ukraina Yulia Tymoshenko sudah 18 kali ditunda. Yang terakhir, persidangan yang semestinya dihelat hari ini, Selasa (21/5/2013), ditunda hingga Jumat (7/6/2013).

Persidangan yang diselenggarakan di Kharkov, sebelah Timur ibu kota Kyiv, menurut rencana, akan mendengarkan keterangan terkait dakwaan penggelapan pajak. "Alasan penundaan karena absenya tersangka dan pengacaranya," kata Hakim Kostyantin Sadovsky, menurut warta AP.

Tymoshenko ditahan sejak Agustus 2011 untuk masa tahanan tujuh tahun. Ia dianggap terbukti melakukan penyalahgunaan kekuasaan saat perjanjian gas alam dengan Rusia pada 2009.

Yulia Tymoshenko masih mendapat tambahan dakwaan penyelewengan pajak yang terkait dengan perjanjian-perjanjian bisnis pada sekitar 1990-an. Ia juga disebut-sebut berada di belakang pembunuhan anggota parlemen Ukraiana Volodymyr Sherban pada 1996.

Sementara perempuan berusia 52 tahun itu berkali-kali mengatakan kalau hukuman terhadapnya berlatar belakang politik. "Penahanan terhadap saya bertentangan dengan hukum," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com