Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PENDIDIKAN

Guru Bahasa Indonesia di Australia Gelar Konferensi di Sydney

Kompas.com - 21/05/2013, 18:32 WIB
L Sastra Wijaya

Penulis

SYDNEY, KOMPAS.com — Sedikitnya 90 guru bahasa Indonesia dari tingkat SD, SMP, hingga SMA dari Negara Bagian New South Wales (NSW), Canberra, dan Victoria bertemu minggu lalu dalam acara konferensi guru bahasa Indonesia.

Bertempat di John Woolley Building, University of Sydney, konferensi ini diadakan oleh Departemen Pendidikan NSWS dan didukung oleh KJRI Sydney dan Program Study Indonesia Universitas Sydney. 

Menurut rilis KJRI Sydney yang diterima koresponden Kompas di Australia, L Sastra Wijaya, Selasa (21/5/2013), tujuan penyelenggaraan konferensi adalah untuk memberikan kesempatan pembelajaran yang profesional kepada para guru, memperdalam pengetahuan tentang kontemporer bahasa Indonesia, meningkatkan praktik pengajaran dalam kelas program bahasa Indonesia, dan memperluas jaringan profesional.

Selain itu, juga memberikan informasi terbaru tentang perkembangan pengajaran bahasa Indonesia di NSW, meningkatkan pengenalan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dan universitas di NSW.  

Dalam konferensi, turut diresmikan program beasiswa dari Australia Indonesia Association (AIA) NSW bagi siswa yang berprestasi dalam program bahasa Indonesia. Program beasiswa ini merupakan kelanjutan dari Charlotte Maramis Scholarship yang dipelopori oleh Charlotte Maramis (almarhumah), salah satu pendiri AIA NSW, yang pada hidupnya telah membaktikan diri bagi perkembangan pembelajaran bahasa Indonesia di NSW dan peningkatan hubungan RI-Australia. 

Program beasiswa AIA direncanakan akan dimulai Januari 2014 dan akan diberikan kepada setiap siswa di tingkat SD, SMP, SMA, di NSW dengan dana yang diberikan sebesar 500 dollar Australia (sekitar Rp  5 juta) per siswa per tahun. Dalam konferensi juga dilakukan peluncuran buku berbahasa Indonesia berjudul Saling Silang.

Buku ditulis oleh guru-guru bahasa Indonesia yang telah memiliki  banyak pengalaman dalam mengajar bahasa Indonesia di NSW, yaitu Joanne Fenton, Kepala Departemen Bahasa Inggris dan Bahasa Asing di  Macarthur Anglican School; Melissa Gould-Drakeley, Kepala Bagian Kurikulum di Macarthur Anglican School dan Wakil Presiden dari the Modern Languages Teachers Association; Ida Harsojo, guru bahasa Indonesia di Open High School dan Koordinator  Indonesian Language Teachers Association of NSW; dan Ilian Yang, Kepala Bagian Kurikulum di Open High Schooldan Dosen dari Metodologi Bahasa di University of New South Wales.  

Buku Saling Silang ini diharapkan menambah daftar bacaan bagi para siswa untuk memahami bahasa Indonesia.

Menurut Nicolas Manoppo, Konsul Pensosbud KJRI Sydney, dalam konferensi tersebut juga disampaikan beberapa paparan dari guru untuk memberikan masukan kepada guru lain dalam meningkatkan pengajaran bahasa Indonesia di Australia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com