Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih... Stasiun Termewah di Dunia Bakal Hadir di Riyadh!

Kompas.com - 21/05/2013, 14:14 WIB

KOMPAS.com - Para komuter kereta bawah tanah London pasti akan iri melihat rancangan sistem stasiun kereta api bawah tanah di Riyadh, ibukota Arab Saudi, ini. Maklum, stasiun ini memang dipersiapkan sebagai stasiun kereta bawah tanah termewah di dunia.

Dirancang mirip hotel mewah bintang lima, stasiun ini bakal dilengkapi trotoar dari marmer, dinding berlapis emas, serta tentu saja, sebuah kenyamanan di negara paling panas di muka bumi, yaitu pendingin udara (AC). Fasadnya pun didesain agar memberi keleluasaan cahaya masuk pada saat udara gurun sedang panas-panasnya.

Yang menakjubkan, pembangunan 6 stasiun kereta yang persis seperti ini juga sudah "dipesan" oleh Raja Abdullah untuk dibangun hanya dalam waktu 4 tahun. Padahal, waktu selama itu diperlukan untuk membangun satu stasiun di New York, AS!

Sistem terbaru, berupa sebuah persimpangan tiga jalur kereta bawah di stasiun kota paling sibuk ini, didesain oleh Zaha Hadid, desainer berdarah campuran Inggris-Irak. Desainer yang selama ini bermukim di London itu adalah "otak" di balik hadirnya bangunan-bangunan futuristik di dunia, seperti Hoxton Square dan Eaton Place di London, serta proyek-proyek internasional di kota-kota besar dunia seperti New York, Singapura, serta Dubai.

Baca juga: Dubai, Kota Mimpi yang Futuristik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com