Kompas.com - 21/05/2013, 14:14 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Para komuter kereta bawah tanah London pasti akan iri melihat rancangan sistem stasiun kereta api bawah tanah di Riyadh, ibukota Arab Saudi, ini. Maklum, stasiun ini memang dipersiapkan sebagai stasiun kereta bawah tanah termewah di dunia.

Dirancang mirip hotel mewah bintang lima, stasiun ini bakal dilengkapi trotoar dari marmer, dinding berlapis emas, serta tentu saja, sebuah kenyamanan di negara paling panas di muka bumi, yaitu pendingin udara (AC). Fasadnya pun didesain agar memberi keleluasaan cahaya masuk pada saat udara gurun sedang panas-panasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Yang menakjubkan, pembangunan 6 stasiun kereta yang persis seperti ini juga sudah "dipesan" oleh Raja Abdullah untuk dibangun hanya dalam waktu 4 tahun. Padahal, waktu selama itu diperlukan untuk membangun satu stasiun di New York, AS!

Sistem terbaru, berupa sebuah persimpangan tiga jalur kereta bawah di stasiun kota paling sibuk ini, didesain oleh Zaha Hadid, desainer berdarah campuran Inggris-Irak. Desainer yang selama ini bermukim di London itu adalah "otak" di balik hadirnya bangunan-bangunan futuristik di dunia, seperti Hoxton Square dan Eaton Place di London, serta proyek-proyek internasional di kota-kota besar dunia seperti New York, Singapura, serta Dubai.

Baca juga: Dubai, Kota Mimpi yang Futuristik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.