Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Thein Temui Obama di Gedung Putih

Kompas.com - 21/05/2013, 02:38 WIB

WASHINGTON, SENIN - Presiden Myanmar Thein Sein, Senin (20/5), dipastikan menjadi pemimpin pertama negeri itu yang akan berkunjung ke Gedung Putih, setidaknya dalam hampir setengah abad terakhir.

Lawatan itu sekaligus juga menyimbolkan semakin membaiknya hubungan di antara kedua negara. Amerika Serikat (AS) semakin menunjukkan dukungannya terhadap proses reformasi di Myanmar.

Thein Sein, orang kuat di masa rezim militer itu, dijadwalkan bertemu Presiden AS Barrack Obama, Senin (20/5). Thein sekaligus juga akan mencoba menarik sebanyak mungkin kalangan pebisnis AS agar mau berinvestasi di Myanmar.

Kritik tajam

Meski demikian, penerimaan Obama terhadap Thein kali ini mengundang sejumlah kritik tajam dari banyak kalangan. Pengkritik menilai pemerintahan Obama terlalu dini menunjukkan penerimaannya, sementara Myanmar sendiri dinilai masih banyak memiliki masalah.

Beberapa persoalan yang menonjol antara lain terkait isu penegakan hak asasi manusia, seperti terkait konflik sektarian dan diskriminasi terhadap warga minoritas, seperti Rohingya.

Walau demikian, di sisi lain, pemerintahan Presiden Thein juga dinilai menunjukkan sejumlah kemajuan, terutama terkait janjinya untuk berkomitmen pada upaya reformasi.

Salah satu langkah yang dipuji adalah pembebasan para tahanan politik negeri itu, termasuk pada awalnya tokoh oposisi prodemokrasi, Aung San Suu Kyi, beserta para pengikutnya.

Selain itu, pemerintahan baru Myanmar diyakini juga melakukan langkah terobosan dengan mengizinkan rakyat Myanmar, terutama para buruh, berorganisasi, bahkan menggelar aksi unjuk rasa.

Tidak cuma itu, pemerintahan Thein juga telah memperlunak kebijakan sensor mereka terhadap pemberitaan media massa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com