Kompas.com - 20/05/2013, 14:13 WIB
EditorEgidius Patnistik

China mengatakan sudah meminta Korea Utara untuk menjamin pembebasan sebuah kapal ikan dan awaknya yang ditangkap awal bulan ini.

Kantor berita China, Xinhua, mengatakan para diplomat di ibu kota Korea Utara, Pyongyang, sudah diminta bantuannya pada tanggal 10 Mei dan sedang berupaya.

"Setelah menerima telepon, Kedutaan Besar China mengirimkan perwakilan kepada Kementrian Luar Negeri DPRK (Korea Utara), meminta DPRK membebaskan kapal dan nelayannya secepat mungkin," tutur seorang diplomat China di Pyongyang, Jiang Yaxian, seperti dikutip Xinhua.

Pemilik kapal ikan itu, Yu Xuejun, berpendapat kapalnya sedang berada di perairan China ketika ditangkap bersama 16 awaknya pada 5 Mei 2013.

Yu mengaku sudah menerima delapan telepon dari para penculiknya yang meminta uang tebusan sebesar 100.000 dollar AS atau sekitar Rp 1 miliar.

Berita penculikan kapal itu pertama kali dia ungkapan di blognya dan juga situs jejaring sosial China, Tencent Weibo.

Laporan-laporan menyebutkan pesan Yu kemudian disebarkan oleh para pengguna internet lainnya sampai 12.000 kali sehingga menjadi perhatian pihak berwenang China.

Ketegangan meningkat

Belakangan ini, terjadi beberapa insiden di Laut Kuning, yang merupakan wilayah perikanan yang subur yang terletak antara China dan Semenanjung Korea.

Bulan Mei 2012, sebanyak 29 nelayan China serta tiga kapal ditangkap oleh pihak Korea Utara yang tidak jelas identitasnya. Dua pekan kemudian mereka dibebaskan dan tidak bisa dipastikan apakah karena pembayaran uang tebusan.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.