Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Luncurkan Roket Lagi, Korsel Pasang Rudal Israel

Kompas.com - 20/05/2013, 08:46 WIB
Wisnu Dewabrata

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Utara kembali meluncurkan sebuah roket jarak pendeknya ke perairan sebelah timur negeri itu, Minggu (19/5/2013), menyusul kecaman negeri tetangga seterunya, Korea Selatan, sebelumnya. Diketahui, pemerintah Korsel mengecam Korut lantaran negeri komunis serba tertutup itu pada Sabtu (18/5/2013) juga meluncurkan tiga roket serupa ke perairan yang sama.

Pemerintah Korsel yang berang menyebut roket-roket itu sebagai peluru kendali jarak pendek, baik dari jenis rudal KN-02 yang telah dimodifikasi dan juga dari peluncur roket berganda. Provokasi seperti itu dikhawatirkan pihak Korsel dapat mengenai atau menjangkau wilayahnya, seperti ibu kota Seoul, yang berpenduduk padat sehingga menimbulkan banyak korban jiwa.

Militer Korsel dibantu sekutu kuatnya, Amerika Serikat, belakangan ini diketahui telah mengembangkan sistem pertahanannya menghadapi serangan roket-roket Korut. Penguatan itu terutama dilakukan pasca serangan mematikan artileri Korut pada tahun 2010, yang menghantam pulau berpenduduk, Yeonpyeong, yang membunuh empat warganya ketika itu.

Upaya itu dibenarkan pihak Kementerian Pertahanan Korsel, Minggu (19/5/2013), seperti diberitakan situs web surat kabar The New York Times. Pihak Korsel mengakui adanya penempatan dan pengerahan puluhan sistem rudal Israel dan armada peluncur bergeraknya di kawasan perbatasan sebelah baratnya. Sistem peluncuran rudal canggih dan berpresisi buatan Israel itu memiliki kemampuan daya jangkau radius 12 mil dan dapat menarget sistem persenjataan dan roket-roket Korut, yang terpasang di sepanjang garis pantainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com